Home » Jembatan Pasiru yang Ambruk Belum Diperbaiki

Jembatan Pasiru yang Ambruk Belum Diperbaiki

TANA PASER, GERBANGKALTIM. Satu minggu sejak ambruknya jembatan Sungai Pasiru di Desa Muara Andeh, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, hingga saat ini  belum ada perhatian dari pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Bina Marga, Pengairan dan Tata Ruang (DBMPT). Padahal  jembatan tersebut merupakan satu satunya penghubung  Desa Muara Andeh dengan Desa Kerang Dayo.

Kades Muara Andeh, Julianto yang dihubungi Gerbang Kaltim Dot Com, berharap dinas terkait dalam hal ini DBMPT segera membenahi jembatan Sungai Pasiru, setidaknya membuat jalur alternatif agar masyarakat bisa melakukan mobilitas. Karena dalam pertemuan dengan Bupati Paser belum lama ini, DBMPT berjanji akan segera menangani kondisi ini.

“Belum ada perubahan, DBMPT belum turun ke lokasi. Padahal Pak Bupati sudah mengarahkan agar segera disikapi sesuai dengan berita acara yang dibuat dan ditanda tangani bersama antara Konsultan dan Kabid Bina Marga,” kata  Julianto.

Untuk sementara ini, kata Julianto  warga terpaksa harus berupaya keras menyusuri sungai dan menggotong kendaraan roda duanya jika ingin menyeberang ke desa tetangga, karena tebing yang ada cukup tinggi dan curam.

“Kami berharap, kesepakatan yang telah dituangkan dalam berita acara dapat segera direalisasikan. Dalam kesepakatan itu , DBMPT akan membuatkan akses penghubung sementara di lokasi, agar masyarakat desa dapat melakukan aktifitas dan mobilitas seperti sedianya,” katanya.

Disamping itu, DBMPT berjanji akan membuat jembatan pengganti dengan triple box dengan panjang 12 meter dengan ketinggian 4 meter menyerupai jembatan, dengan perkiraan pelaksaan 4 minggu,”ujar Julianto seraya menunjukkan berita acara yang ditanda tanganinya bersama dengan Kabid Bina Marga dan Konsultan DBMPT Paser.

Seperti diketahui, Jembatan Pasiru dibangun oleh perusahaan batu barapada 1994 dengan ukuran lebar 6 meter dengan panjang 18 meter ini runtuh diduga karena lapuk termakan usia. Rutuhnya satu-satunya akses Warga Muara Andeh ini mengakibatkan 600 warga Desa Muara Andeh terisolasi. (ropii@gerbangkaltim)

Check Also

Panwaslu Paser: 25 September Batas Akhir Pendaftaran Panwascam

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paser telah membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *