Home » Gerbang Grenn » Kampanye Langit Biru, BLH Gelar Uji Emisi di Tiga Lokasi
Salah satu mobil sedang dilakukan uji emisi.(foto: Rif-Gk)

Kampanye Langit Biru, BLH Gelar Uji Emisi di Tiga Lokasi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota bersama Dishub, Polresta Balikpapan, Poltekba dan sejumlah dealer mobil menggelar uji emisi tahun 2015.

Uji emisi dilaksanakan sejak Selasa hingga Kamis ini menargetkan 1500 kendaraan dapat diuji selama tiga hari. Lokasi pertama digelar di gedung Permina Karang Anyar, kantor Pemkot dan hari ini di gedung Telkom Jl. MT Haryono Balikpapan.

 Kabid Pencegahan Dampak Lingkungan BLH kota Elisabet mengatakan uji emisi merupakan program kementerian Lingkungan hidup yang digelar sejak 2011 hingga sekarang. Kota Balikpapan termasuk kota yang mendapat progam kampanye langit biru.

“ Nah yang uji emisi ini program pemkot nanti ada kegiatan lain dari Kementerian Lingkungan hidup tapi belum dijadwalkan. Uji emisi ini juga bagian dari penilaian piala Adipura. Ini pendanaan sepenuhnya dari pemerintah kota,” terang Elisabet, Rabu, (10/6/2015)

Selain uji emisi, BLH juga menyebarkan pembagian masker bagi pengguna roda dua disimpang BC. Disamping itu, BLH juga memberikan brosur –brosur lingkungan hidup. Bagi peserta uji emisi yang lolos diberikan tempat sampah mini.

Terkait ada evaluasi tahun lalu pelaksanaan uji emisi sebut Alisabet sebanyak 94 persen kendaraan lolos uji emisi. Pada tahun ini, target hari pertama sudah mencapai 900 lebih kendaraan yang berhasil diuji emisi.

“ Yang tidak lolos uji emisi memang kita sarankan untuk melakukan perawatan kendaraan secara berkala. Kita tidak mungkin meniadakan kendaraan yang tidak lolos uji emisi,” katanya, di sela-sela pelaksanaan uji emisi di halaman pemkot.

Diakui Eli dari puluhan bahkan ratusan kendaraan yang diuji, beberapa tidak lolos uji emisi. “Ada beberapa memang kalau lihat kendaraan memang usianya sudah dibawah 5 tahun. Harapan kita uji emisi kita hasil yang lolos meningkat dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Dari petugas yang berasal dari dealer dan mahasiswa Poltekba ini, diketahui kendaraan yang tidak lolos dibawah usia lebih dari lima tahun. “Tadi saya periksa dibagian saya ada tiga kendaraan dan tahun 2005, 2002,” ucap seorang petugas.

 Uji emisi melibatkan 27 petugas dari mahasiswa poltekba dan dealer dengan lima alat deteksi emisi milik BLH, Dishub dan milik dealer.(rif-Gk).

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *