Home » GerbangNews » “Kampung Sapi” di Ambarawang Laut
Cagub Kaltim Rusmadi bersama warga Ambarawang Laut, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara Kaltim.

“Kampung Sapi” di Ambarawang Laut

Samboja, GERBANGKALTIM.COM,-

Kala berkunjung ke Ambarawang Laut, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar), calon gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Rusmadi berkeinginan kawasan Ambarawang Laut bisa jadi pusat “kampung sapi”. Ini dimaksudkan agar kotoran ternak sapi bisa dimanfaatkan bagi petani sebagai pupuk organik.

“Dengan kampung sapi, maka kotoran sapi yang menjadi pupuk organik semakin banyak dan itu berguna untuk menyuburkan lahan pertanian. Produksi sayur mayur bisa meningkat dan tidak perlu lagi pupuk kimia yang harganya mahal,” ujar Rusmadi menjelaskan.

Rusmadi berharap daerah tersebut menjadi pusat “kampung sapi” dan lahan sayur mayur yang bebas dari pupuk kimia. Pasangan calon wakil gubernur Safaruddin ini yakin, kekompakan masyarakat Ambarawang Laut mampu memproduksi sayur mayur yang sehat, bebas pestisida akan menjadi lebih mahal dijual dan diterima masuk ke pasar modern, hotel dan rumah makan.

“Kami mau membuat kelompok tani, agar para petani bisa mengembangkan hewan ternaknya. Selama ini, baru tiga sampai empat ekor sapi saja setiap petani,” ungkap salah seorang tokoh petani Ambarawang Laut, Djamaluddin, usai berdialog dengan Rusmadi, Sabtu (5/5/2018).

Djamaludin, melihat sosok Rusmadi merupakan pemimpin yang tegas dan berkemampuan memimpin Kaltim. Baru kali ini seorang calon gubernur Kaltim nomor urut 4 berkunjung ke Ambarawang Laut.

Salah satu program unggulan 2018-2023, ketika Rusmadi-Safaruddin terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur, adalah Kaltim Swasembada Pangan yaitu, pembangunan bendungan baru, pertanian, air minum dan pembangkit listrik serta sertifikasi 10.000 bidang tanah.

Rusmadi juga menilai, Ambarawang Laut memiliki potensi yang besar dibidang wisata pantai laut. Ini bisa menarik wisatawan dari luar untuk datang dan dapat mendorong usaha kuliner lokal.

Sebelumnya, cagub nomor urut 4 ini mendatangi para peternak sapi di perkampungan daerah pinggir pantai  itu. Setelah diberikan pencerahan, para peternak sapi mengaku langsung terinspirasi dengan saran-saran yang disampaikan oleh mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) itu. #4trs

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.