Home » Gerbang Business » Kanwil Pajak Kaltim Gencar Sosialisasi

Kanwil Pajak Kaltim Gencar Sosialisasi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Kalimantan Timur menargetkan tingkat kepatuhan wajib pajak tahun 2015 ini mencapai 48 persen, untuk wajib pajak Badan dan orang pribadi non karyawan. “Ya target itu lebih tinggi dari target sebelumnya, dan target ini berbeda dengan tahun sebelumnya”, kata Jumri Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Kaltim.

Untuk mencapai target tersebut pihaknya melakukan sosialisasi berbagai lini diantaranya sosialisasi yang dilakukan 8 KPP dan kanwil sendiri. Apalagi ini tahun kedua laporan Surat Pemberitahuan Tahunan-SPT bisa dilakukan melalui online. “Bahkan sosialisasi juga dilakukan dengan mobil keliling yakni kanwil akan membuka pendaftaran elektronik Filling pada 15 maret 2015 di lapangan merdeka Balikpapan saat car free day berlangsung”, pukau pria berkaca mata ini saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (11/3/2015).

Jumri menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran pelaporan melalui online pada 15 Maret nanti wajib pajak hanya membawa KTP, NPWP dan alamat email. “Mengapa harus ada alamat email karena pasword untuk mengakses akan dikirim melalui email apabila ingin melaporkan Spt nya melalui online”, ujarnya.

Sosialisasi melalui car free day ini dilakukan pada 16 kanwil dari 31 kanwil pajak di Indonesia. Dan dirinya juga membuka drof box di beberapa tempat bagi masyarakat yang ingin menyerahkan Spt tahunan karena waktu penyerahan Spt tahunan untuk pribadi hingga 31 maret 2015.

Jumri menyebutkan jumlah wajib pajak yang terdaftar tahun 2014 wilayah Kaltim untuk Badan 81.356, sementara untuk wajib pajak pribadi sebanyak 672.601.

Jumri menambahkan wajib pajak pribadi juga bisa mengirimkan Spt nya melalui kantor pos, jasa kurir, kantor pajak dan e-filling.(fey-GK)

 

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *