Home » GerbangNews » KAPOLDA KALTIM BERGELAR “LINGEI”

KAPOLDA KALTIM BERGELAR “LINGEI”

Kapolda Kaltim, Irjen Polisi
Priyo Widyanto

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), Irjen Polisi  Priyo Widyanto, mendapatkan gelar kehormatan dari keluarga besar Suku Adat Dayak Kaltim. Orang nomor satu di Polda Kaltim ini mendapatkan gelar “Lingei” dalam sebuah proses suku adat dayak yang sakral.

Tokoh Adat Dayak Yustianus Ibau Ului, mengatakan pemberian gelar kehormatan ini menandakan bahwa Kapolda Kaltim sudah menjadi keluarga besar Suku Adat Dayak dengan nama “Lingei” atau “Cermin” yang menunjukan Kapolda Priyo Widyanto akan menjadi cerminan seluruh warga adat Dayak di Kaltim.

Pemberian gelar itu dimulai dengan Tarian Kayan Ngayau, sebagai pertanda selamat datang, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan mantera yang dilaksanakan Kepala Adat Dayak Bahau, Yustianus Ibau Ului yang kemudian dengan penaburan beras, pemasangan gelang adat,  sedikit telur di bagian kepala, dan menempelkan mandau di bagian kepala, dada hingga kaki.

Terakhir, penyematan Laung atau Peci khas suku Dayak. Di Peci terdapat Bulu Rungu Enggan. “Awalnya hanya ingin bersilaturahmi dengan tokoh adat Dayak, ternyata diberi gelar adat,” kata Kapolda Kaltim, Irjen Polisi Priyo Widyanto. Diharapkan, seluruh warga Kaltim, mulai dari tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda dan lainnya bersama-sama bisa menjaga keamanan dan kondusifitas kaltim. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.