Home » Kapolda Kaltim Pastikan Pemilukada Balikpapan Aman

Kapolda Kaltim Pastikan Pemilukada Balikpapan Aman

Letak Kota Balikpapan yang strategis sebagai pintu gerbang Kaltim yang kini sedang mempersiapkan Pemilukada untuk memilih walikota dan wakil walikota periode 2011-2016, hendaknya tetap terjaga keamanannya sehingga proses pemilukada hingga selesai dapat berlangsung dengan lancar.

“Samarinda sebagai ibukota merupakan barometer keamanan pada Pemilukada yang lalu. Nah, Balikpapan juga merupakan kota yang penting karena orang kalau mau ke Samarinda maupun ke daerah lain di Kaltim ‘kan melalui Balikpapan. Karena itu agar tetap terjaga keamanannya,” ujar Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang ketika melakukan kunjungan mendadak ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Senin (31/01/2011) siang.

Kapolda Kaltim yang datang didampingi beberapa pejabat utama Polda Kaltim, Kapolres Balikpapan AKBP A Rafik diterima oleh empat anggota KPU Kota Balikpapan Ardi Rahayu Suprihati, Muhammad Ramli, S.Pi,  dan Drs Poppy Sutandar, Bc. IP MH. Sebelumnya, Kapolda melakukan sidak ke Polresta Balikpapan untuk melihat langsung kesiapan anggotanya dalam pengamanan Pemilukada di Balikpapan yang seminggu lagi sudah memasuki masa kampanye.

Di hadapan anggota KPU Kota Balikpapan, Kapolda menanyakan langsung tentang tahapan pemilukada yang sedang berlangsung, maupun permasalahan dari segi keamanan yang perlu dibantu.  Seperti pengamanan kantor KPU, pengawalan logistik pemilu mulai dari proses percetakannya, penyimpanan di kantor KPU hingga pendistribusian, terlebih saat hari H pencoblosan pada 24 Februari 2011 mendatang. Orang nomor satu di Polda Kaltim ini tidak ingin kejadian-kejadian seperti penyerangan kantor KPU di Kabupaten Paser pada pemilukada yang lalu, maupun aksi massa di Kutai Barat beberapa waktu lalu terulang.

“Jangan sampai ada kejadian kotak suara yang disandera massa seperti di Kutai Barat, gara-gara mobil pengangkut kotak suara ada stiker salah satu pasangan calon, Untuk itu perlu dijaga secara ketat,” ujar  Mathius Salempang.

Para anggota KPU Balikpapan kepada Kapolda mengatakan hingga saat ini belum ada permasalahan dari segi keamanan. Bahkan sudah lama di pintu masuk KPU sudah dijaga oleh anggota Polsek KP3 Semayang. KPU Balikpapan juga telah melakukan penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam pemilukada Balikpapan 2011 ini jumlah total DPT  sebanyak 402.220 pemilih, dengan rincian Balikpapan Barat  61. 948 pemilih,  Balikpapan Utara 83.169 pemilih, Balikpapan Timur 42.054 pemilih,  Balikpapan Tengah 77.858 pemilih, dan  terbanyak Balikpapan Selatan 137.708 pemilih.

“Kami belum memonitor di lapangan tentang permasalahan DPT dari masyarakat,” ujar Poppy Sutandar dan M Ramli sambil menambahkan di KPU telah kedatangan sebagian logistik pemilukada berupa surat suara yang dicetak di Kudus Jawa Tengah, sehingga pengamanannya memang lebih diperketat.

Kapolda bersama pejabat utama Polda Kaltim sebelum meninggalkan KPU, sempat melihat langsung gudang KPU tempat penyimpanan logistic, maupun ke pusat data, dan singgah di pos pengamanan.(triwidodo@gerbangkaltim.com)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.