Home » Gerbang Polri » Kapolres Paser: Media diharapkan Tak Memicu Kebencian Dan Isu SARA
Kapolres Paser Ajun Komisaris Besar Hendra Kurniawan

Kapolres Paser: Media diharapkan Tak Memicu Kebencian Dan Isu SARA

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan
berharap kepada media massa, baik media cetak dan online, yang ada di Kabupaten Paser untuk tidak memuat berita yang dapat memicu konflik Suku, Agama, dan Ras (SARA).

“Pers mempunyai peran yang sangat besar dalam penyebaran informasi di masyarakat. Namun sebaiknya pemberitaan tidak memicu isu SARA di tengah masyarakat,” kata Hendra dihubungi di Tanah Grogot, Rabu (9/11).

Hal ini seiring dengan dikeluarkannya Surat Edaran Dewan Pers Nomor 01/SE-DP/X/2016 tentang Pemberitaan Media atas Pernyataan Kebencian dan Sentimen Berdasarkan Prasangka SARA.

Edaran tersebut keluar setelah Dewan Pers mengamati sejumlah media terkait menjelang masa kampanye dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah daerah seperti di Jakarta, Banten, Papua Barat, dan sejumlah daerah lainnya.

Media Di Kabupaten Paser, diharapkan dapat menahan diri dan tidak ikut meningkatkan tensi politik yang bisa berujung terjadinya konflik.

Dewan Pers meminta kepada seluruh media untuk memerhatikan kembali 11 pasal kode etik jurnalistik sebagai referensi utama wartawan dalam meliput dan menyebarkan berita.

Diantaranya pers harus mencegah penyebarluasan ungkapan kebencian atau pernyataan berdasar prasangka SARA, menjaga terciptanya suasana kondusif, serta tidak menjadikan informasi dari media sosial (medsos) sebagai bahan pemberitaan tanpa proses verifikasi dan validasi terhadap kebenaran berita.

“Saya sangat mendukung sekali edaran Dewan Pers ini. Artinya ada batasan dan rambu yang tidak boleh dilanggar,” kata Hendra.

Hendra juga berharap kepada media massa, khususnya yang ada di Kabupaten Paser, mempunyai peran dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya harapkan media sebagai penyebar informasi kepada masyarakat, mempunyai andil menjaga keutuhan bangsa dan    NKRI guna terciptanya kondisi aman dan tentram di tengah masyarakat,” kata Hendra.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.