Home » GerbangNews » Kaum Difabel Butuhkan Fasus
Prihatin belum tersedianya fasus difabel di perkantoran/instansi pemerintahan dll di Balikpapan

Kaum Difabel Butuhkan Fasus

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Akses gedung/kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), dianggap sangat tidak ramah terhadap penyandang difabel,  termasuk gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kantor Walikota Balikpapan. Fasilitas khusus kaum seperti akses jalan bagi kaum difabel ini sangatlah dibutuhkan.

Kenyataan ini disebutkan Persatuan Penyandang Difabel Indonesia (PPDI) Balikpapan. Ketua PPDI Sugiarto menegaskan, hampir seluruh gedung pemerintahan di “Kota Beriman”, sangat tidak ramah. Karena tidak tersedianya fasilitas khusus (fasus) bagi kaum difabel.

Tidak ada akses terhadap penyandang difabel, jika ingin berurusan atau keperluan ke kantor-kantor pemerintahan setempat, termasuk tidak adanya fasus difabel di gedung wakil rakyat yang terbilang mentereng itu. Fakta ini yang sangat dikeluhkan mereka yang membutuhkan sarana/fasus tersebut.

Kantor Walikota Balikpapan misalnya, dengan banyak tangga yang harus dilewati untuk bisa menuju ruang walikota. Karena itu, penyandang difabel sangat kesulitan untuk bisa mengakses ke ruangan tersebut. Pasalnya, memang tidak ada akses yang disediakan bagi kaum difabel.

Kondisi serupa juga terjadi di Gedung DPRD Kota Balikpapan. Parahnya, saat para penyandang difabel akan bertemu dengan wakilnya di gedung dewan, mereka terpaksa harus merangkak untuk menaiki tangga.

Ketua PPDI Sugiarto, mengatakan penyandang difabel di balikpapan masih belum tersentuh pemerintah kota. Bahkan sejumlah fasilitas yang harusnya disediakan untuk kaum difabel di kota ini hampir tidak ada, termasuk kantor dinas sosial yang menaungi para penyandang. “Pemerintah Kota Balikpapan kedepan seharusnya saat melakukan pembangunan gedung pemerintahan sebaiknya memperhatikan kebutuhan fasilitas bagi kaum difabel,” kata sugiarto mengusulkan. (hm/sh)

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.