Home » GerbangNews » Kebakaran di Margasari, Warga Terluka

Kebakaran di Margasari, Warga Terluka

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kebakaran yang terjadi di kawasan Margasari Balikpapan Barat, Kalimantan Timur (Kaltim),  membuat  beberapa warga sekitar mengalami luka luka. Kebakaran hebat ini disebut-sebut karena adanya kebocoran pipa minyak, sehingga menimbulkan panas yang bisa melepuhkan kulit.

Api terus berkobar, dua unit  mobil pemadam diturunkan untuk memandamkan api yang terus berkobar. Belasan warga kampung atas air, menggelepar kepanasan karena luka bakar. Diantara mereka juga ada yang mengalami patah tulang hingga mencuat ke luar kulit.

Korban ini merupakan korban kebakaran yang terjadi akibat kebocoran pipa minyak. Hembusan angin yang kencang juga membuat api dengan cepat membesar dan menyambar rumah lainnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan semua regu dan mobil pemadam untuk memadamkan api.

Sementara, Tim Palang Merah Indonesia (PMI) berupaya mengevakuasi korban. itulah simulasi yang dilakukan di Kelurahan Margasari Balikpapan Barat. Simulasi ini untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana akibat kegagalan teknologi.

Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno, mengatakan  simulasi perlu dilakukan karena Kota Balikpapan dikenal memiliki objek vital nasional berupa kilang minyak Pertamina, termasuk kawasan industri lainnya.

“Jika ada kelemahan koordinasi dalam simulasi ini, itu harus dibenahi. Karena semua tempat itu rawan bencana dan tim harus siap siaga serta tanggap kedaruratan,” kata Kepala BPBD Balikpapan, Suseno. Simulasi bencana akibat kegagalan teknologi melibatkan Pertamina RU V, relawan bencana dan masyarakat sekitar serta unsur kepolisian, TNI. (hm)

 

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *