Home » GerbangNews » Kebakaran, Kapal  Hanya Terpapar Api

Kebakaran, Kapal  Hanya Terpapar Api

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan menyatakan, dari hasil pemeriksaan, Kapal MV Ever Judger tidak mengalami kebakaran, namun hanya terpapar api akibat tumpahan minyak yang terbakar di Teluk Balikpapan. Sementara, lokasi Teluk Balikpapan dinyatakan dalam status clear area (bersih) dan sejumlah kapal diminta ditunda keberangkatannya.

KSOP melakukan pemeriksaan Kapal MV Ever Judger yang dikabarkan terbakar akibat tumpahan minyak. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal itu tidak terbakar melainkan hanya terpapar kobaran api dan bagian yang terpapar api hanya bagian buritan kapal yang meliputi tali kapal dan life craft.

Sementara itu dalam musibah ini 20 ABK selamat dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Kepala kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Sanggam Marihot mengatakan, Kapal MV Ever Judger hanya terpapar kobaran api.

Sedangkan kondisi kapal masih dalam keadaan baik, “Namun masih harus memerlukan pemeriksaan merine untuk mengetahui apakah kapal ini bisa berlayar atau tidak. Informasinya, Kemenhub  berencana mengirimkan tim inspeksinya untuk memeriksa kelayakan kapal ini.

Sementara itu, Pertamina menjamin tumpahan minyak yang terjadi bukan berasal dari fasilitas Pertamina RU V dan dipastikan tidak ada kebocoran pipa minyak mentah distribusi Lawe-Lawe.

PT Pertamina Persero  juga sudah melakukan penelusuran pipa minyak termasuk Lawe-Lawe hingga ke Penajam Paser Utara (PPU). Hasilnya, tidak ada kebocoran Pipa Pertamina. Hasil penelitian terhadap tumpahan minyak yang terajadi merupakan bahan bakar kapal (fueld oil) yang bukan merupakan produk Pertamina.

“Kami menjamin, tumpahan minyak bukan dari fasilitas Pertamina. Kejadian kebakaran di luar parameter Kilang RU V Balilpapan  yang jarak sekitar 2-3 kilometer. Sedangkan sampel minyak yang diambil, hasilnya adalah  fueld oil produk untuk bahan bakar kapal, bukan produk Pertamina,” jelas GM RU V Pertamina Kalimantan, Togar.

Saat kebarakan di Teluk Balikpapan, Pertamina menurunkan  3 unit kapal tunda (PMK) untuk memadamkan api. Selain itu, Pertamina juga melokalisir tumpahan minyak dengan menggunakan boom air dan menyemprotkan oil dispersan untuk mengurangi minyak yang tumpah di sekitar pemukiman warga. (hm/sh)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.