Home » GerbangPublic » Kecamatan dan Kelurahan di Balikpapan Dukung Tuntutan Ombusman RI
Kantor Kecamatan Balikpapan yang masih sewa. (foto: balikpapan.go.id)

Kecamatan dan Kelurahan di Balikpapan Dukung Tuntutan Ombusman RI

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Tuntutan Ombusman RI Perwakilan Kaltim menuntut semua instansi di Kota Minyak harus memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada masyarakat. Tuntutan tersebut, mendapatkan dukungan dari kecamatan Balikpapan Tengah dan Kelurahan Prapatan.
“Saya sangat setuju semua instansi memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Namun
dalam hal ini, juga perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana. Misalnya byarpet listrik atau jaringan internet lelet itu sangat memganggu dengan pelayanan,” kata  Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono, Senin (14/12/2015).
Dilanjutkan Boedi, selama ini pihaknya selalu berusahan untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Kata dia, bukan zamannya lagi pelayanan masyarakat diulur-ulur atau diperlambat.
“Kalau perlu semua pelayanan sehari sudah selesai. Tapi ini juga harus ditunjang dengan sarana dan prasaran yang memadai. Seperti yang dialami saat ini, kantor saja kami belum memiliki yang permanen, satusnya masih sewa,” ungkapnya.
Hal senada diujarkan Lurah Prapatan Slamet Djunaidi. Kata dia, selama ini pihaknya selalu berusahan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.
“Yang perlu diperhatikan bagai mana sarana dan prasarana lengkap, seperti listik tidak lagi sering mati, terus semua pelayanan kalau bisa sudah menggunakan komputerisasi sehingga imput data cepat,” ucapnya.
Kondisi sarana dan prasarana saat ini menurut Slamet, perlu ditingkatkan lagi supaya memberikan pelayanan yang baik bagi warga.
“Sebab, kalau di kelurahan kami seperti data-data UMKM belum tersistem komputerisasi sehingga pengomputan data agak lama. Yang tak kalah pentingnya, SDM juga perlu ditingkat lagi, namun dengan kondisi saat ini tetap pelayanan diberikan semaksimal mungkin,” katanya.

TAMPUNG LAPORAN MASYARAKAT
Sebelumnya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim, Syarifah Rodiah mengatakan, pihknya siap menampung laporan masyarakat terkait pelayanan buruk di Kaltim khususnya di Balikpapan.
“Jika pelayanan yang diberikan buruk, laporkan kepada kami. Akan kami proses,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kaltim, Syarifah Rodiah.
Ia menegaskan, Ombudsman menerima laporan masyarakat tersebut didasarkan atas kewenangannya. Jika laporan keluhan masyarakat terbukti dan benar adanya pemberian layanan buruk, maka pimpinan pihak penyelenggara pelayanan itu bisa diturunkan jabatan hingga pemberhentian secara tidak terhormat.

“Kami proses dulu, diinvestigasi, diminta klarifikasi kedua belah pihak (terlapor dan pelapor). Kalau memang terbukti, maka diberikan peringatan dulu, bisa diturunkan jabatan hingga pemecatan tidak terhormat,” terangnya.

Mekanisme laporan masyarakat itu, dilakukan secara tertulis dan dikirim langsung ke Kantor Ombudsman RI Kaltim di Jalan Tanjung Pura Nomor 4, Balikpapan. Laporan itu akan ditindaklanjuti paling lama 14 hari. Artinya, Ombudsman akan mengirim surat balasan kepada pelapor paling lambat 14 hari.

“Karena kami periksa dulu laporannya, apakah sudah memenuhi syarat formal atau tidak. Syarat formal meliputi identitas pelapor serta fotokopi KTP. Tapi karena jangkauan Ombudsman ini sangat luas, maka bisa via telepon atau email,” tambahnya

Menurutnya, selama ini pihaknya sering menerima keluhan masyarakat terkait infrastruktur. Seperti kerusakan jalan, pelayanan PDAM dan pelayanan listrik. Diketahui, hingga November 2015, Ombudsman Kaltim menerima 73 aduan. Dari jumlah tersebut, 28 aduan dari Balikpapan.(rif-gk)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.