Home » GerbangNews » Kejari Paser Sosialisasikan TP4D Kawal Penggunaan Dana Desa
Sosialisasi Dana Desa dan Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) oleh Kejaksaan Negeri Paser, Kamis (24/8)

Kejari Paser Sosialisasikan TP4D Kawal Penggunaan Dana Desa

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kejaksaan Negeri (Kejari) Paser mensosialisasikan fungsi Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kamis (24/8) kepada Kepala Desa dan perangkat desa di daerah itu. 

Sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Kejari Paser Budi Setiawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Katsul Wijaya, perwakilan inspektorat, sejumlah camat dan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) setempat.

Kepala Kejari Paser Budi Setiawan mengatakan, fungsi TP4D yakni untuk

mengawal dan mengamankan proyek-proyek strategis nasional serta mengawal penyaluran dana desa.

“Tugas TP4D untuk mengawal proyek-proyek strategis nasional dan penyaluran dana desa,” kata Budi.

TP4D kata Budi tidak bersifat represif, melainkan lebih bersifat preventif untuk mengamankan keuangan negara agar tidak diselewengkan.

“Kalau TP4D bersifat preventif, memberi arahan mana  yang harus dilakukan dan tidak melanggar hukum. Kejari siap memberikan solusi, mendampingi kades, apabila ada kesulitan dan ragu dalam mengambil kebijakan terutama dalam penggunaan dana desa. Kami persiapan datang ke kejari untuk konsultasi, gratis,” jelas Budi.

Menurut Budi, dana desa rawan disalahgunakan. Di beberapa daerah telah terjadi penyelewengan dana desa dan tidak sedikit dari mereka dijebloskan di penjara.

“Sudah banyak Kepala Desa dan perangkatnya dijebloskan di penjara karena menyalahgunakan dan desa. Mereka terima uang bingung mau dibuat apa, akhirnya buat kepentingan pribadi,” kata Budi.

Sementara Kepala DPMD Paser Katsul Wijaya mengingatkan kepada kepala desa dan perangkatnya, untuk lebih berhati-hati dengan penggunaan dana desa untuk barang dan jasa.

“Dana Desa untuk pembelian barang dan jasa untuk lebih berhati-hati, karena rawan penyelewengan,” kata Katsul.

Kegiatan  sosialisasi TP4D menurut Katsul menitikberatan pengawalan dan pengamanan dana desa.

“Untuk teknis, penggunaan, penyaluran ada di internal PMD. TP4D ini dalam rangka pengamanan, pembinaan,” kata Katsul.(Jya)

 

 

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *