Home » GerbangNews » Kejati Kembalikan BAP Nahkoda Kapal MV Jadger

Kejati Kembalikan BAP Nahkoda Kapal MV Jadger

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur (Kaltim) mengembalikan berkas acara pemeriksaan (BAP) “ZD”, Nakhoda Kapal MV Ever Judger, tersangka dalam kasus dugaan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, karena dianggap kurang lengkap. Dalam waktu segera, polisi akan melengkapi berkas perkara tersebut.

Sebelumnya, Polda Kaltim telah sudah menetapkan pria berusia 50  tahun warga negara China itu sebagai tersangka terkait kasus tumpahan minyak yang menyebabkan tewasnya lima nelayan local yang sedang mancing di Teluk Balikpapan yang lokasinya terbilang tida begitu jauh dengan kebakaran kapal.

Kapal berbendera luar negeri ini disebut-sebut mematahkan pipa milik Pertamina RU V Balikpapan, setelah melabuhkan jangkarnya ke bawah laut dan mengenai pipa yang menyalurkaan minyak mentah dari Kilang Pertamina Balikpapan ke tangki-tangki Pertamina di kawasan Penajam Paser Utara (PPU).

Terkait dengan pengembalian berkas oleh Kejati Kaltim, karena jaksa melihat masih ada unsur pemeriksaan penyidik yang kurang lengkap (P 19). Polda Kaltim, khususnya Direskrimsus akan melengkapi berkas tersebut dan akan diserahkan kembali ke kejaksaan.

Sementara, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Polisi Ade Yaya mengakui, bahwa berkas kasus tersangka “ZD” dikembalikan pihak kejaksaan, karena dianggap belum lengkap. Berjanji, dalam waktu dilengkapi dan segera diserahan ke Kejati.

Ade menambahkan, kepolisian tidak khawatir dikembalikannya kasus ini akan memperlambat penyidikan hingga tersangka bisa bebas, karena penyidik mempunyai kewenangan untuk memperpanjang masa tahanan tersangka.

Terkait dengan kasus ini, Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian sudah menginstruksikan kepada jajarannya, khususnya Polda Kaltim, agar mengusut tuntas kasus yang sampai menghilangkan lima orang, merusak lingkungan dan merugikan para nelayan serta lainnya ini.

Selain “komandan” Kapal MV Ever Judger, pihak Polda Kaltim juga menahan dan memproses hukum puluhan orang, termasuk para anak buah kapal (ABK) dan salah seorang karyawan Pertamina yang sebelumnya bertugas di Terminal Lawe Lawe, PPU. Seorang karyawan perusahaan BUMN ini juga diperiksa dan dijadikan tersangkan. Dugaan sementara, karena kelalaiannya. (hm/sh)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.