Home » Gerbang Business » Kembangkan Pelabuhan, KSOP Susun RIP

Kembangkan Pelabuhan, KSOP Susun RIP

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Ditengah melambatnya perekonomian, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang membuat program Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Kepala KSOP Balikpapan Sugeng Wibowo mengungkapkan RIP ini merupakan pedoman dalam perencanaan pembangunan dan pengambangan secara teratur diantaranya, tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan serta pembiayaan. ” RIP ini pengembangan pelabuhan Balikpapan yang mengacu Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN),” terangnya, Minggu (20/9/2015).

RIP sekaligus untuk mengantisipasi kegiatan kepelabuhanan yang berpotensi terjadi peningkatan kunjungan kapal. Dengan demikian, maka penyelenggara pelabuhan mempunyai acuan dalam menetapkan lokasi, merencanakan pembangunan, mengoperasikannya dan mengembangkan.

Ia menjelaskan ada 3 pelabuhan yang masuk dalam RIP. Masing-masing Semayang, Kampung Baru dan Pelabuhan peri kemas Kariangau.

Khusus untuk Semayang, perluasan melalui reklamasi termasuk dalam rancangan RIP. “Ini juga sekaligus memberi peluang untuk beinvestasi. Dengan adanya RIP, pengembangan yang nantinya dilakukan semua sudah sesuai rancangan,” jabar Pria ramah ini.

Adapun kunjungan kapal saat krisis mencapai hanya 700 call dari 800 call setiap bulannya.

Kendati pergerakan kapal turun, ia mengaku pendapatannya justru meningkat. Tak lain berkat adanya tarif sejumlah jasa kepelabuhanan yang dipungut langsung oleh negara melalui KSOP sejak April lalu sebagai pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Adapun jasa yang dimaksud yakni labuh, tambat Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan biaya masuk penumpang, orang dan kendaraan.

Selain menyusun RIP, pihaknya juga mendukung pencanangan tol laut. Salah satunya dengan memberi kesempatan perusahaan pelayaran pendatang baru beroperasi untuk lintasan Balikpapan-Surabaya. Perusahaan tersebut menyediakan kapal jenis Roll On-Roll Off (RoRo) yang mengangkut penumpang dan kendaraan. “Semua sudah terpenuhi. Dalam waktu dekat sudah beroperasi,” tutupnya. (fey-Gk)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.