Home » GerbangNews » Kemenag Paser Gelar Lepas Kenang Pergantian Pimpinan

Kemenag Paser Gelar Lepas Kenang Pergantian Pimpinan

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser, menggelar Lepas Kenang pergantian Kepala Kantor Kemenag Paser yang baru di Aula Kemenag Paser, Senin (24/10).

Kepala Kemenag Paser Maslekhan, dipindahtugaskan menjadi Kepala Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sejak 10 Oktober 2016 lalu.

“Dalam menjalankan tugas sebagai ASN, pastinya banyak suka dan duka yang dialami. Namun, bagi saya pekerjaan itu bukanlah sebuah beban, bila dijadikan beban maka bekerja menjadi tidak tenang,” kata Maslekhan diruang Kepala kantornya usai kegiatan Lepas Kenang.

Saat ini kata Maslekhan, belum ada seseorang yang bertugas menggantikan dirinya sebagai Kepala Kemenag Paser.

“Terkait siapa pengganti saya, ini merupakan kewenangan panitia seleksi dari Baperjakat Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim,” kata Maslekhan.

Jika memang ada pergantian lanjut Maslekhan, biasanya berasal dari eselon 1-4 melalui lelang jabatan di lingkungan Kemenag.

“Jika Kepala Kemenag kabupaten maka panselnya dari provinsi, sedangkan provinsi maka paselnya dari pusat,” ujar Maslekhan.

“Namun bagi yang sudah menduduki jabatan Kepala Kemenag, tidak melaluiKepala lelang. Hanya dilakukan pergeseran saja. Lelang untuk jabatan promosi,” imbuhnya.

Untuk melanjutkan tugas sebagai Kepala Kemenag yang baru lanjut Maslekhan, dirinya bisa melakukan tugas tersebut sesuai komitmen Aparatur Sipil Negara.

“Sesuai perjanjian diawal kerja, saya siap ditempatkan di daerah mana saja dalam lingkup wilayah Kemenag RI,” ujar Maslekhan.

Pergantian Kepala Kemenag kata Maslekhan bukanlah sebuah perpisahan. Melainkan sudah menjadi tugas Negara yang wajib dilaksanakan.

“Selama ini, saya selalu menerapkan pola kekeluargaan yang tidak melupakan kedisiplinan, dan santun. Insya Allah, kami bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia berpesan kepada para pekerja di lingkungan Kankemenag Paser, supaya tetap menjaga apa yang telah terbina selama ini.

“Kami harap, agar situasi dan kondisi yang telah terbina tetap terjaga. Sehingga, Paser yang damai dan tentram tetap terus terwujudkan,” imbuhnya.

Maslekhan yang saat itu didampingi Istri (Zinatul Hayati) menyampaikan, dirinya menjabat Kakankemenag Paser sejak 10 Maret 2014 atau tepatnya selama 2 tahun 7 bulan tentunya ada suka dan dukanya dalam menjalanan tugas.

Oleh sebab itu, Ia mengimbau, agar mencintai apapun bentuk pekerjaan asalkan halal. Dan menghindari perbuatan atau hal-hal negatif yang membuat tidak produktif untuk kemajuan diri sendiri dan organisasi.

“Kalau kita mencintai pekerjaan, tentunya kita akan menyukai dan menyayangi pekerjaan itu. Bahkan, apabila ada kesalahan kita akan cepat untuk mengoreksinya,” ucapnya.

Dikatakan, keberadaan Kemenag adalah untuk memperkuat ideologi bangsa sebagai Negara berketuhanan yang maha esa. Sehingga, memiliki peranan dan kewajiban untuk melindungi rakyat dalam beribadah dalam ajaran agamanya sesuai dengan norma konstitusi.

Bertempat di Aula Kankemenag Paser, kegiatan yang berlangsung penuh khidmat dan sederhana ini dihadiri, para pejabat dan ASN dilingkungan Kankemenag serta para kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, ormas dan tokoh agama.

“Disamping itu, Kemenag merupakan salah satu institusi terhormat, sehingga perlu dijaga reputasi dan kredibilitasnya dari masa ke masa. Dengan menerapkan S3 (senyum, sapa dan salam), adalah sebuah kebiasaan baik dalam mewujudkan pelayanan ramah Kemenag kepada masyarakat, agar terjalin hubungan erat Ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat,” ujarnya.(Jya)

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *