Home » GerbangNews » Kendalikan Inflasi, TPID Siapkan 3 Program
Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Kendalikan Inflasi, TPID Siapkan 3 Program

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), mempersiapkan tiga program untuk mengendalikan inflasi daerah di tahun 2018 ini. Terbukti tahun 2017, inflasi di Balikpapan dapat dikendalikan hanya mencapai 2,54 persen. Penyumbang inflasi terbesar tahun 2017 yaitu transportasi udara.

Tiga program untuk mengendalikan inflasi  ini mulai jalan tahun in. Program kios penyeimbang ini misalnya akan dilaksanakan di dua pasar rakyat yaitu Pasar Klandasan dan Pasar Pandansari dikoordinir langsung Dinas Perdagangan. Tugasnya menjual komoditas yang mengalami kenaikan,

Sedangkan program lainnya adalah kerja sama dengan daerah pemasok atau produsen, khususnya pada daerah terdekat. Misalnya dengan kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU) yang juga memiliki hasil pertanian.

Terkait penyumbang inflasi tahun 2017 yaitu transportasi udara, TPID akan berkoordinasi dengan TPI pusat dan kementrian. Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekkot Balikpapan,  Sri Soetantinah menjelaskan, ketiga program itu mulai jalan tahun ini.

“Untuk diketahui tahun 2017/  inflasi Kota Balikpapan termasuk inflasi yang mampu dikendalikan terbukti sepanjang tahun tersebut hanya mencapai 2,54 persen. Aangka ini, pertama kali lebih rendah dari nasional dan paling rendah tujuh tahun terakhir,” kata Sri Soetantinah. (hm)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *