Home » GerbangNews » Kepala Bappeda Paser Turun Jabatan
Mantan Kepala Bappeda Paser Ambo Lala yang harus turun jabatan dari dari eselon II ke eselon III, saat dilakukan mutasi oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Jum'at (30/12)

Kepala Bappeda Paser Turun Jabatan

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser, Ambo Lala, turun jabatan dari jabatan sebelumnya yakni jabatan eselon II menjadi eselon III.

“Karena yang bersangkutan belum cukup waktu yakni dua tahun saat naik dari eselon III a ke eselon II, sehingga yang bersangkutan harus kembali menjadi pejabat eselon III a,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fatur Rahman ditemui usai pelantikan pejabat eselon di daerah itu, Jum’at.

Hal tersebut kata Fatur Rahman merupakan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Nasional dan hasil konsultasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara.

Selain Kepala Bappeda lanjut ia, juga terdapat 11 pejabat eselon II yang tidak mendapatkan jabatan atau non job.

“Hal itu dikarenakan beberapa pertimbangan diantaranya yakni pejabat bersangkutan mendekati masa pensiun, SKPD yang telah ditinggalkan pejabat eselon II, atau karena tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan,” kata Kata Fatur Rahman.

Atau pejabat bersangkutan kata Fatur Rahman, telah menjabat selama lima tahun di SKPD yang sama sehingga harus menunggu jabatan baru.

“Sebelas pejabat itu nanti akan mengikuti lelang untuk jabatan baru, sementara beberapa SKPD diisi oleh pelaksana tugas atau Plt,” kata Fatur Rahman.

Meski demikian pejabat eselon II yang telah mendapat jabatan saat ini juga diberikan kesempatan untuk mengikuti lelang.

“Atau pejabat eselon III yang cukup masa jabatannya untuk naik eselon II, mereka juga bisa ikut lelang,” kata Fatur Rahman.

Pemerintah dalam mutasi kali ini kata Fatur Rahman juga kembali memfungsikan beberapa aparatur fungsional yang sebelumnya menjabat pada jabatan struktural seperti aparatur pendidikan dan kesehatan

“Karena kita tidak mau membuang energi PNS fungsional untuk mengerjakan pekerjaan yang bukan bidang dan tidak ada kaitannya dengan latar belakang pendidikannya. Apalagi mencari aparatur fungsional itu tidak mudah, karena mereka memiliki pendidikan khusus,” ujarnya.

Sementara Bupati Paser usai melantik lebih kurang 700 pejabat eselon II, III, dan pejabat eselon IV, berharap kepada mereka yang baru dilantik dapat meningkatkan kinerja aparatur di tengah kondisi keuangan daerah yang saat ini tengah defisit.

“Diharapkan pejabat yang sudah dilantik dapat amanah, disiplin dan meningkatkan kinerjanya terutama dalam mendukung kemajuan daerah yang tengah defisit saat ini,” kata Yusriansyah.

Kepada pejabat yang baru juga diharapkan kata Yusriansyah dapat segera beradaptasi dengan jabatannya yang baru dan sudah bisa mulai melaksanakan tugasnya pada awal tahun 2017.

“Kepada pejabat yang baru atau pejabat yang tetap pada posisinya, diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan jabatan barunya. Diharapkan semuanya sudah bisa mulai bertugas di awal tahun 2017,” ujar Yusriansyah.

Dalam pelantikan pejabat eselon tersebut, posisi Ambo Lala digantikan oleh I Gede Putu Suwantara, yang sebelumnya merupakan Staf Ahli Bupati Paser Bidang Pemerintahan.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.