Home » GerbangNews » KEPASTIAN PEREKAMAN E-KTP
KTP Elektronik

KEPASTIAN PEREKAMAN E-KTP

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan, dalam tiga bulan kedepan, perekaman E-KTP yang belum tercetak karena terbatasnya blanko, dapat diselesaikan. Diharapkan, pada pilkada serentak 2018 maupun pemilu legislatif 2019 mendatang, warga yang mempunyai hak pilih sudah mengantongi E-KTP.

Sebanyak  36 juta blanko E-KTP sudah dicetak Kemendagri untuk memenuhi pencekatan E-KTP di seluruh Indonesia. Jumlah ini jauh lebih banyak dari kebutuhan yang diperkirakan, yakni hanya 10 juta blanko saja. Dengan jumlah tersebut, maka tiga bulan kedepan, tidak ada alasan bagi daerah-daerah, termasuk Kaltim untuk menyelesaikan pencetakan E-KTP yang sudah tertunda berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Sektretaris Ditjen Kependudukan, I Gede Suratha, mengatakan  secara infrastruktur  seperti blanko melebihi cukup.  Kemudian, sistem penunggalan sudah berjalan normal.  Tadinya tidak langsung dicetak, sekarang sudah langsung di rekam dan cetak. Begitu pula license perekaman sudah tercukupi.  Sedangkan perawatan sistem juga seudah dilakukan secara baik.

Sekarang  tinggal kebersamaan semua pihak ombudsman, DPR,  pers,  masyarakat, semua komponen. Karena masalah kependudukan ini masalah bangsa, bukan hanya disdukcapil. “Jadi, semua harus turun tangan untuk mempercepat menjadikan riil adanya,” kata Suratha.

Suratha memastikan, kesiapan infrastruktur yang dimiliki pemerintah pusat dan pemda dalam pemenuhan kebutuhan KTP Elektronik. Distirbusi ke daerah selama ini juga tidak masalah.

Selama ini, kota yang dekat dengan pusat pencetakan blanko langsung didrop, seperti DKI,  Jawa Tengah  dan Jawa Timur.  Sedangkan yang jauh dari pusat, diambil provinsi atau juga kabupaten kota. Khususnya Kaltim, sudah mencapai 97 persen perekaman. Artinya, sudah melebihi angka nasional. (hm)

 

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.