Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Ketua DPRD Hadiri Uji Status Polres Balikpapan

Ketua DPRD Hadiri Uji Status Polres Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Makin tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan publik khusus di Polres Balikpapan membuat perlu dilakukan peningkatan status dan kondisi kantor Polres lebih layak.

Pada Selasa siang, Polres Balikpapan bersama Polda Kaltim,  Drpd Balikpapan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menggelar rapat uji kelayakan peningkatan status dari Polres menjadi Polresta Balikpapan.

Hal tersebut dianggap mendesak seiring perkembangan masyarakat serta ancaman kerawanan kriminalitas yang meningkat pula.

Kepala Biro Perencanaan (Ka Rorena) Polda Kaltim, Kombes Pol Yasdan Rivai mengungkapkan perubahan status tersebut juga sudah dilakukan oleh jajaran TNI diantara Kodim 0905/ Balikpapan, Lanal Balikpapan dan Lanud Balikpapan.

“Oleh sebab itu kita lakukan studi kelayakan peningkatan status Polres Balikpapan menjadi Polresta Balikpapan,”ujarnya saat memimpin acara study kelayakan peningkatan status di Ruang Utama Polres Balikpapan, Selasa (4/8/2015).

Dasar hukum perubahan status tersebut lanjut Rivai mengaacu pada Peraturan Kapolri no 7 Tahun 2014 yang mengatakan perubahan status harus melalui beberapa proses seperti usulan dalam bentuk berkas.

“Kalau prosesnya sesuai peraturan memang seperti itu, pihak yang mengajukan membuat usulan dalam bentuk transtap dan harus memaparkan permasalahan yang terjadi. Setelah itu, Mabes Polri dengan pihak terkait akan meninjau peningkatan status yang diminta,” jelas Rivai.

Ia pun mengakui, bila Polres mengalami kekurangan. Salah satunya penanganan terhadap warga asing. Dimana seharusnya ada satuan sendiri yang mencegah kompleksitas kriminalitas di Kota Minyak ini. terlebih lagi, di Balikpapan sendiri sudah banyak ditinggali oleh warga asing.

“Harus ada yang mengantisipasi, beberapa kasus narkoba dan lainnya pernah dilakukan oleh warga asing. Dan Polres tidak memiliki unit khusus untuk menindak lanjutinya,” ujarnya, Selasa (4/8/2015).

Kapolres Balikpapan AKBP Andi Aziz menambahkan bukan tanpa alasan, pihak Polres ingin meningkatkan pengawasan. Pasalnya, pengamanan yang dilakukan terhadap Kota Balikpapan ini semakin lama semakin tertinggal jauh dengan pesatnya perkembangan kota.

“Balikpapan ini selaku pintu gerbang Kaltim, beberapa obyek vital juga berpusat di sini. Sementara itu, fasilitas yang dimiliki sudah tidak mumpuni. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan status dari Polres menjadi Polresta,” terangnya.

Penjabaran serta pemaparan yang dilakukan oleh Kapolres pun menjelaskan, beban tugas yang cukup berat dikarenakan beberapa faktor, seperti jumlah penduduk luas wilayah serta perkerjaan rumah (PR) yang tertunda.

Dikesempatan yang sama Ketua DPRD Balikpapan, Abdullah berharap peningkatan status Polres berlangsung dengan segera. Terlebih lagi dengan adanya rencana renovasi gedung Polres yang dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Ya sudah seharusnya, apalagi kantor instansi pusat juga berada di Balikpapan. Seperti Polda Kaltim, Kodam yang dimana Ibu Kota sendiri merasa iri dengan perkembangan kota kita,” tandas Abdullah.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Kapolsek dan Kasatwil Polres Balikpapan, GM Angkasa Pura, Kodim 0905/ Balikpapan, Danlanal, Danlanud serta pemangku kepentingan lainnya.(rif-Gk)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *