Home » KIP Kaltim Tangani 7 Sengketa Informasi Tambang

KIP Kaltim Tangani 7 Sengketa Informasi Tambang

Foto: diskominfo.kaltimprov.go.id

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kalimantan Timur yang resmi terbentuk pada Mei tahun 2012 lalu, telah menerima 7 laporan permohonan penyelesaian sengketa informasi yang didominasi permintaan data yang berhubungan dengan pertambangan.

Ketua KIP Kaltim Jaidun SH, Msi  yang ditemui beberapa waktu lalu mengungkapkan ada 7 sengketa yang dilaporkan kepada KIP Kaltim, dimana 6 diantaranya sudah dilakukan mediasi  dan 1 laporan telah dilakukan eksekusi karena telah melakukan pengingkaran data informasi pertambangan.

Dijelaskannya, beberapa kasus diantaranya  mengenai sengketa informasi antara pemohon LSM Pokja 30  dengan termohon Ketua DPRD Kaltim yang berakhir dengan damai, setelah digelarnya sidang mediasi awal Januari 2013 lalu. Pokja 30 yang meminta dokumen RAPBD menerima penjelasan DPRD Kaltim bahwa dokumen dimaksud tidak dalam penguasaannya, namun ada di Pemprov Kaltim.

Sebelumnya juga ada sengketa informasi antara Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim  yang menyampaikan permintaan eksekusi data analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) tambang di Samarinda kepada Ketua Pengadilan Negeri Samarinda,  setelah Badan Lingkungan Hidup menolak memberikan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan perusahaan tambang batu bara se-Samarinda kepada Jaringan Advokasi Tambang. (Zia El Muttaqin)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.