Home » GerbangNews » KMPTM Minta Selidiki Tumpahan Minyak

KMPTM Minta Selidiki Tumpahan Minyak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumlah LSM lingkungan yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), membentuk Koalisi Masyarakat Peduli Tumpahan Minyak Teluk Balikpapan (KMPTM). Koalisi ini meminta untuk segera dilakukan penyelidikan terhadap siapa yang bertanggungjawab atas terjadinya tumpahan minyak hingga mencemari Teluk Balikpapan.

Selain itu, koalisi ini juga mengajak masyarakat yang peduli untuk melakukan upaya class action terhadap kejahatan lingkungan ini. Tumpahan minyak di Teluk Balikpapan yang terbakar ternyata juga mencemari lingkungan pesisir sepanjang pantai di Balikpapan, termasuk hutan mangrove.

Dampak dari tumpahan itu juga menyebabkan air di pantai yang biasanya jernih berubah berwarna menjadi hitam pekat. Bahkan ceceran minyak mengotori pasir pantai. Kondisi ini menyebabkan keprihatian sejumlah LSM lingkungan yang ada di Balikpapan diantaranya FPTB, Jaringan  Advokat Lingkungan, Walhi, Stabil, Jatam Kaltim, JPKP dan lainnya  yang kemudian membentuk KMPTM.

Juru bicara koalsi KMPTM, H husien mengatakan, setelah melalukan pertemuan koalisi ini mengeluarkan 6 pernyataan sikap atas tragedi tumpahan minyak yang terbakar di Teluk Balikpapan.

Intinya, harus ditemukan pelaku yang bertanggungjawab atas tumpahan yang terjadi, mendorong kepolisian untuk mencari pelaku, mendorong Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat mengambil dan menguji sampel air yang tercemar dan harus ada upaya pemulihan lingkungan. Kasus ini akan diawasi dan dituntaskan secara transparan.

Sementara itu, legal KMPTM, Eben mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan gugatan class action terhadap pencemaran lingkungan, karena hal ini merupakan tindak pidana.

“Saat ini seluruh pihak yang dianggap bertanggungjawab terhadap tumpahan minyak itu, terlihat cuci tangan dan tidak bersedia bertanggungjawab. Untuk itu, perlu segera dilakukan penyelidikan, siapa yang melakukan  tumpahan ini, sehingga terjadi pencemaran lingkungan,” kata Eben. (hm/sh)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.