Home » GerbangNews » Kodim 0904 Tng Bantu Warga Bikin Jamban

Kodim 0904 Tng Bantu Warga Bikin Jamban

Tana Paser (GERBANGKALTIM.com) Kodim 0904 Tanah Grogot membangun jamban milik warga di Desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam, Kamis (8/3).

Dandim 0904 Tng Letkol Arh Ardian Patria Chandra mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian TNI terhadap warga yang membutuhkan bantuan.

“Bantuan membuatkan jamban salah satu bentuk perhatian TNI kepada warga,” kata Ardian di Tanah Grogot, Kamis.

Program jambanisasi atau pembuatan jamban yang dilakukan TNI kepada warga di sekitarnya kata Ardian juga merupakan salah bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Kemanunggalan TNI Bersama rakyat yaitu adanya kesatuan dan persatuan antara TNI dengan rakyat, terutama dalam membangun kemajuan negara dan mengatasi persoalan yang ada.

Program jambanisasi ini juga dinilai sebagai bentuk pengejawantahan kemanunggalan TNI dalam membantu pemerintah mengatasi persoalan perilaku hidup sehat dan lingkungan bersih di tengah masyarakat.

“Program jambanisasi juga merupakan salah satu bentuk partisipasi kami kepada pemerintah dalam mewujudkan perilaku lingkungan dan perilaku hidup bersih,” kata Ardian.

Ketika melihat warga sekitarnya belum mempunyai jamban, kata Ardian, disitulah TNI harus ikut membantu membangunkan jamban.

“Saat ada warga yang tidak memiliki jamban, TNI wajib membantu membangun jamban,” kata Ardian.

Adapun warga yang dibangunkan jambannya adalah Yuliansyah, warga Rt 01 Desa Muara Langon Kecamatan Muara Komam.

“Kami bantu buatkan jamban di rumah bapak Yuliansyah di Rt 01 Desa Muara Langon,” kata Danramil Muara Komam Kapten Inf Sunarko.

Sunarko berharap besar dengan dibantunya warga dibangun jamban tidak ada lagi warga yang membuang hajat sembarangan.

“Harapannya setelah dibuatkan jamban, tidak ada lagi warga yang membuang hajat sembarangan,” kata Sunarko.

Karena menurut Sunarko tidak sedikit warga yang tidak memiliki jamban, membuang hajatnya di sungai. Hal itu justru akan mengurangi kebersihan sungai.

“Banyak warga yang buat hajat di sungai, padahal sungai itu harus bersih karena air sungai itu dimanfaatkan banyak orang. Semoga warga yang sudah punya jamban tidak lagi buang hajat di sungai,” kata Sunarko.(Jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.