Home » Info Today » Kopri Unit DPRD Gela Isra Miraj Dengan Metode ESQ

Kopri Unit DPRD Gela Isra Miraj Dengan Metode ESQ

Balikpapan-GERBANGKALTIm.com—Istri Ketua DPRD kota bersama Puluhan istri anggota DPRD Balikpapan, staf DPRD yang tergabung dalam organisasi Kopri Unit Sekretriat DPRD Balikpapan mengikutii perayaan Isra Miraj bertemakan Membangun Character Melalui Isra Miraj, di gedung DPRD Kamis siang.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua Komisi III DPRD Maulidin, anggota M Taqwa dan Sandi Ardian didampingi Ketua Kopri unit DPRD Balikpapan Hikmah Isra Miraj dan sejarah perjalanan Nabi Muhammad dipaparkan menggunakan metode Emotional Spritual Quotient (ESQ) oleh Idham Khalid dari trainer Regional Kaltim ESQ Leadership Center.

Dalam paparannya Idham mengatakan ada 7 karakter yang harus ditanamkan dan dibawa dipekerjaan nyata, yakni jujur, tanggung jawab, visioner, displin, kerjasama, adil dan peduli. “Ini diibaratkan 5 anak tangga membangun karakter bangsa. Anak tangga pertama karakter diri (salat individu), kedua karakter keluarga (salat jamaah), ketiga karakter kelompok (salat Jumat), keempat karakter bangsa (salat Idulfitri) dan kelima international (salat Iduladha),” jelas Idham yang didampingi Kepala Cabang ESQ Balikpapan Abri.

Idham,menyebutkan esensi dari peristiwa Isra Mi’raj adalah sholat, sholat diharapkan bukan sekedar rutinitas atau ritual semata, tapi sholat adalah sebuah tools media yang bisa membangun karakter. “Didalam sholat dilatih karakter jujur, disiplin, tanggung jawab dan visioner. Intinya sprit jujur harus dibawa kepekerjaan nyata,” tandasnya.

Idham juga berpesan sekaligus memberikan masukan kepada anggota DPRD, untuk jadi rool model dalam perubahan karakter bangsa. Terlebih dalam berhadapan dengan masyarakat luas dan menentukan kebijakan. “Tidak hanya agama Islam, semua agama ada unsur pembetukan karakter,”katanya.

Mengutip sejawaran Inggris Arnold J Toynber, suatu bangsa akan mengalami kejayaan ketika hati menjadi panglima, dan akan mengalami masa keemasan ketika akal pikiran dan hati disatukan, dan akan mengalami kehancuran ketika akal fikiran dan nafsu menjadi panglima. “Hebatnya sebuah karakter bisa dapat mengubah bangsa seperti Jepang yang saat ini maju dan modern karena masyarakat dan negara memiliki karakter yang kuat,”tukasnya.

ESQ berharap pembangunan karekater pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa ini akan menjadikan indonesia sebagai negara yang berkarakter, sejahter dan adidaya jelang 100 tahun kemerdekaan Indonesi 2045. Ketua Korpri Unit DPRD kota Sukaryanto mengatakan diharapkan peringatan Isra Miraj ini dengan motode ESQ dapat memberikan pencerahan langsung bagi yang mengikutinya. “Perayaan Isra Mikraj adalah perjalanan Nabi Muhammad yang sangat sakral, dimana inti didalamnya perintah sholat wajib lima waktu bagi umat Islam,” katanya.(rif-gk)

Check Also

Panwaslu Paser: 25 September Batas Akhir Pendaftaran Panwascam

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paser telah membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *