Home » GerbangNews » KPK Awasi Penggunaan Dana Desa di Paser
Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi

KPK Awasi Penggunaan Dana Desa di Paser

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Penggunaan dana desa saat ini tengah diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di beberapa daerah, tidak sedikit kepala desa (kades) dan perangkatnya tersandung kasus hukum karena penyalahgunaan dana desa tersebut.

Hal itu membuat Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi meminta kepada para kades untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan dana desa.

Bupati berharap kasus penyalahgunaan dana desa tidak terjadi di wilayah pemerintahan yang dipimpinnya itu. Karena menurutnya KPK juga mengawasi penggunaan dana desa di daerah itu.

“Ada beberapa kasus kades berhadapan hukum karena penyelewengan Dana Desa. Saya harap itu tidak terjadi di Paser. Karena KPK juga mengawasi penggunaan dana desa di Kabupaten Paser,” kata Yusriansyah.

Bahkan Yusriansyah meminta kepada kades untuk menginformasikan penggunaan dana desa kepada masyarakat.

“Kami minta kades menginformasikan penggunaan dana desa kepada masyarakat, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dana desa digunakan untuk apa saja,” kata Yusriansyah usai acara pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Pendopo Kabupaten Kamis (10/8).

Informasi dimaksud bisa berupa papan informasi, baliho atau spanduk yang menjelaskan penggunaan dana desa. Baliho atau spanduk itu ditempatkan di tempat umum, selain tentunya di kantor desa masing-masing.

“Karena masyarakat berhak mengetahui informasi penggunaan dana desa,” kata Yusriansyah.

Pemkab Paser kata Yusriansyah telah bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Propinsi Kaltim untuk mengawasi kegiatan pembangunan daerah.

BPKP Kaltim bertugas mengawasi pembangunan daerah. Pemkab Paser juga telah beberapa kali mengikuti pemaparan KPK terkait pencegahan agar tindak korupsi tidak terjadi di lingkup pemerintah Kabupaten Paser.(Jya)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *