Home » KPK Tetapkan Kepala SKK Migas Tersangka, Kegiatan Hulu Migas Tetap Berlanjut

KPK Tetapkan Kepala SKK Migas Tersangka, Kegiatan Hulu Migas Tetap Berlanjut

 

cpp gajah baruJAKARTA, GERBANGKALTIM.COM,— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (14/8/2013) sore akhirnya menetapkan R selaku Kepala SKK Migas sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi berupa penyuapan berkaitan dengan lingkup kerja SKK Migas. Selain R dua rekannya dari pihak swasta berinisial A dan S juga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

 

Seperti yang dirilis dalam siaran pers KPK melalui web KPK.Go.id penetapan tiga tersangka itu berdasarkan hasil pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan penangkapan yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). S disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13  Undang Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke -1 KUHP.

 

Sedangkan terhadap R dan A disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat (2) atau Pasal 11 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke -1 KUHP.

 

 

 

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang didapatkan dari masyarakat, pada Selasa malam (13/8), KPK menangkap R dan A di sebuah rumah di wilayah Jakarta Selatan. Di lokasi, KPK menemukan dan mengamankan barang bukti berupa uang sejumlah 400 ribu dolar AS dan sebuah motor besar. Dalam pengembangannya, pada malam itu juga, KPK menangkap S di sebuah apartemen yang berada di Jakarta Barat.

 

Seperti dikicaukan oleh akun Twitter resmi yang dikelola Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi @KPK-RI, dalam operasi tangkap tangan tersebut KPK juga membawa tiga orang lagi yakni  2 orang security dan 1 sopir untuk menjalani pemeriksaan secara intensif.

 

USAHA MIGAS TETAP NORMAL

 

Sementara itu,  satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) seperti yang dimuat dalam websitenya http://www.skkmigas.go.id  memastikan kegiatan usaha hulu migas dan aktivitas lembaga SKK Migas tetap berjalan dengan normal terlepas dari adanya pemeriksaan terhadap Kepala SKK Migas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

“Industri dan lembaga ini tetap berjalan, termasuk kegiatan di lapangan. Industri hulu migas sangat strategis, kegiatan hulu migas tidak boleh terganggu dan tidak boleh ada kevakuman,” ujar Sekretaris SKK Migas Gde Pradnyana.

 

Gde menambahkan manajemen SKK Migas akan dikendalikan oleh pimpinan yang ada yang terdiri atas wakil kepala, sekretaris, para deputi, dan kepala unit pengawas internal. Selain itu, SKK Migas juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pengawas yang terdiri atas Menteri ESDM, Wakil Menteri ESDM, Wakil Menteri Keuangan, dan Kepala BKPM.

 

Terkait dengan pemeriksaan oleh KPK, Gde mengatakan SKK Migas menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada mekanisme hukum yang berlaku.(*/gk03)

Foto: Central Processing Platform Gajah Baru di Laut Cina Selatan, sumber: http://www.skkmigas.go.id

 

 

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *