Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » KPU – Partai Tolak Politik Uang

KPU – Partai Tolak Politik Uang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama-sama sejumlah partai politik, menyatakan komitmennya untuk tidak melakukan money politik alias menolak politik uang dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu). Selain itu, partisipasi rendah salah satu penyebabnya adalah akibat aktor politik yang tidak memenuhi ekspektasi masyarakat pemilih.

KPU Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), mengelar workshop regulasi pemilu dengan tema “Balikpapan Menuju Pemilu yang Berkualitas yang Berintegritas”.  kegiatan ini dihadiri 19 perwakilan partai politik yang telah terdaftar di KPU Kota Balikpapan.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai nara sumber Ketua KPU  Panwaslu, Disdukcapil dan Kesbangpol Balikpapan. Dalam kegiatan ini KPU bersama-sama sejumlah partai politik menyatakan komitmennya untuk tidak melakukan money politik dalam pelaksanaan pemilu.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, mengatakan kegiatan ini amanah dari KPU RI untuk menyelenggarakan pemilu yang bekualitas dan berintegritas, karena KPU sadar betul untuk membangun hal tersebut perlu peranserta partai politik dan pemilih. Sehingga dikumpulkanlah para pengurus parpol yang disepakati  menentang adanya praktik money poltik yang selama ini dianggap menggrogoti integritas pemilu.

“Dalam kegiatan ini juga disoroti tentang rendahnya partisipasi masyarakat dalam setiap ajang pelaksanaan pemilu oleh penyelenggara. Namun demikian, tingkat partisipasi ini juga tidak lepas dari peran parpol , karena ekspektasi masyarakat terhadap aktor politik saat ini tidak tercapai, sehingga mengakibatkan rendahnya partisipasi,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha. (hm)

 

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *