Home » GerbangNews » KPU Paser Butuh Dukungan Fasilitas Penyelenggaran Pilgub
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser Eka Yusda Indrawan

KPU Paser Butuh Dukungan Fasilitas Penyelenggaran Pilgub

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser Eka Yusda Indrawan mengatakan, ada sejumlah kegiatan Pemilihan Gubernur (pilgub) tahun 2018 yang anggarannya tidak terakomodir di APBD Provinsi Kaltim.

“Ada kegiatan yang tidak terkover di APBD Provinsi Kaltim seperti terkait kendaraan operasinonal, sewa gedung serta sewa ruang pertemuan, pembayaran listrik dan air untuk uang perkantoran,” kata Eka di Tanah Grogot, Selasa (5/8).

Selain sewa gedung, juga terdapat kegiatan yang tidak terakomodir seperti sewa komputerisasi untuk ekgiatan operasional Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Selain itu juga ada kegiatan yang tidak terakomodir seperti sewa komputerisasi untuk kegiatan operasional PPK dan PPS,” kata Eka.

KPU Paser kata Eka, akan mencermati secara detail, kegiatan mana lagi yang membutuhkan anggaran, setelah rapar koordinasi (rakor) yang digelar KPU Provinsi Kaltim.

“Kita masih cermati, beberapa kegiatan lain yang nanti dicermati hasil rakor KPU Kaltim dengan Pemprov,” kata Eka.

KPU Paser lanjut ia, saat ini masih menunggu Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dari KPU Kaltim yang akan diberikan kepada KPU setempat.

“KPU Kaltim saat ini sedang menyusun RAB terkait anggaran dari pemprov, yang nanti akan diberikan KPU kabupaten. Saat ini kita masih menunggu,” kata Eka.

Baru setelah RAB itu keluar, kata Eka, KPU Paser bisa segera berkoordinas dengan Pemkab setempat, terkait dukungan kegiatan yang dananya tidak terakomodir di APBD Provinsi Kaltim.

“Setelah dapat RAB dari KPU Kaltim, KPU Paser akan mencermati kemudian akan berkoordinasi dengan Pemkab Paser terkait dukungan dari Pemkab untuk penyelenggaran Pilgub tahun 2018,” ujar Eka.

Sementara Sekda Paser Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan, bahwa sebenarnya Pemkab Paser tidak mengalokasikan anggaran Pilgub 2018.

Namun ia mengaku pihaknya siap untuk mendukung terkait fasilitas gedung dan kendaraan operasional.

“Pemda tidak menyediakan anggaran untuk Pilgub, kita bantu sebatas yang ditentukan, membantu fasilitas gedung, meminjamkan kendaraan dan personel,” ujar Fathur Rahman.

Pada kondisi mendesak seperti distribusi surat suara kata Fathur Rahman, Pemkab Paser akan meminjamkan kendaraan beserta petugasnya.

“Termasuk mengantar surat suara ke TPS. Kita pastikan itu bahwa hal hal seperti itu akan kita bantu sedemikan rupa,” tutur Fathur Rahman.(Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *