Home » GerbangNews » KPU Tolak Berkas 6 Parpol
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan

KPU Tolak Berkas 6 Parpol

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dari delapan partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimnatan Timur (Kaltim), enam diantaranya yang berkasnya ditolak alias dikembalikan, karena belum dinyatakan lengkap dan harus melengkapi dokemennya masing-masing serta mengembalikan pada hari Senin (16/10/17).

KPU hanya menerima atau menyetujui dua parpol saja yang dinyatakan lengkap persyaratannya, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Nasional Demokrat (Nas Dem). Untuk sementara, kedua partai pimpinan Harry Tanoe Sudibyo dan Surya Paloh ini bisa mengikuti pesta demokrasi tahun depan.

Sementara sisanya, enam parpol dari 8 parpol yang sudah mendaftar dokumennya masih dinyatakan belum lengkap. Keenam parpol ini berkewajiban untuk memenuhi kelengkapan administrasinya masing-masing jika ingin mengikuti pesta demokrasi tahun 2018.

Seperti Partai Demkorat misalnya. Sebenarnya, berkas partai besutan susilo bambang  yudhoyono (sby)  ini sudah lengkap. Namun di KPU pusat, parpol dengan ketua umum mantan Presiden RI keenam ini masih belum mendaftarakan diri.

Sedangkan untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),  Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Berkarya  serta Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), berkasnya dikembalikan, karena tidak sesuai dengan sipol dan hard copy yang diserahkan.

Komisioner KPU, Endang Sulistyowati mengatakan, sebagian besar dokumen parpol yang dikembalikan karena tidak lengkap ini karena adanya ketidaksesuaian antara data yang diserahkan ke kpu dengan sipol yang ada di pusat.

“Dokumen yang dikembalikan ini masih ditunggu perbaikannya hingga batas akhir pendaftaran hari Senin 16 Oktober pukul 24.00 Wita,” jelas Komisioner KPU Balikpapan, Endang Sulistyowati. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.