Home » GerbangNews » KPU VERIFIKASI PARPOL

KPU VERIFIKASI PARPOL

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), sudah turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi partai politik (parpol) peserta pemilu 2019.  Verifikasi sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang  mengabulkan permohonan uji materi pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum ini, dilaksanakan sejak Senin, 30 Januari hingga Kamis, 1 Februari 2018.

Dengan keluarnya keputusan ini, maka semua partai politik,  termasuk 12 parpol peserta pemilu di tahun 2014 lalu juga   harus mengikuti verifikasi. “Verifikasi ini sesuai amanat dari keputusan mk. Sedangkan yang diverifikasi meliputi kesekretariatan parpol, kepengurusan dan anggota serta keterwakilan perempuan,” jelas Komisioner KPU Balikapan, Purwo Atmojo.

Di Balikpapan sendiri ada 14 partai politilk. Dua parpol telah dinyatakan lolos verifikasi masing-masing Perindo dan Berkarya. Sedangkan sisanya, 12 parpol lama harus kembali menjalani verifikasi.

Hampir semua parpol telah melengkapi persyaratan yang ditentukan, namun demikian kpu masih memberikan tenggang waktu untuk perbaikan. Sementara Parpol Yang Lolos Seperti  Partai Golongan Karya (Golkar), Nasional Demokrat (Nasdem), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Hati Nurani Rakyat ( Hanura).

Selain itu, Partai Demokrat, PSI,  Partai Demokrasi Perjuangan Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  Partai Bulan Bintang (PBB). Verifikasi akan kembali dilanjutkan untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),  PKPI dan Garuda. Sebelum batas akhir pelaksanaan diharapkan sudah selesai.

Jumat (2/2),  KPU akan menyerahkan hasil verifikasi, termasuk mengumumkan parpol mana saja yang harus diperbaiki kelengkapannya. “Ada waktu perbaikan bagi parpol yang belum lengkap, namun sejuah ini   semua partai yang didatangi sudah lengkap, baik KSB, keanggotaan dan syarat minimal dukungan, termasuk keterwakilan perempuannya,” kata Komisioner Kpud Balikpapan,  Endang Sulistiowati.

Sementara itu, Ketua Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud, menyatakan proses verifikasi partai merupakan amanah uud yang harus dilakukan kpu dan semua partai calon peserta pemilu. “Golkar juga telah menghadirkan pengurus perempuan seperti yang diamanatkan komposisi 30 persen,” kata Rahmad, di lokasi terpisah. (hm)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.