Home » Uncategorized » KSOP Tunggu Usulan Revisi Permenhub

KSOP Tunggu Usulan Revisi Permenhub

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan diminta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I  Balikpapan untuk mengusulkan ke Kemenhub untuk melakukan revisi Permenhub Nomor 22 Tahun 1998 tentang Batas-Batas Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan Balikpapan, menyusul adanya aksi penolakan aktivitas bongkar muat di kawasan perairan Teluk Balikpapan oleh nelayan setempat.

KSOP Kelas I  Balikpapan menyatakan, sesuai Permenhub nomor 22 tahun 1998, batas lokasinya hingga  enam sampai delapan mil dari daratan, sehingga apa yang dilakukan perusahaan bart bara selama ini sama sekali tidak melanggar aturan.

Adapun keberatan masyarakat tentang adanya aktvitas bongkar muat batu bara, hingga mengganggu kawasan tangkap ikan, maka hal ini bisa diusulkan ke Kementrian melalui pemerintah daerah agar Permenhub tersebut direvisi.

Kepala KSOP Kelas I Balikpapan, Jhonny Runggu Silalahi mengatakan, dalam pertemuan antara pemeritah daerah, KSOP dan warga serta perwakilan perusahaan yang difasilitasi Polres Balikpapan, ada keinginan untuk merevisi Permenhub Nomor 22 Tahun 1998 tentang Batas-Batas Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan Balikpapan. Hal ini bisa saja dilakukan asal ada usulan dari pemerintah daerah setempat.

“Tanggung jawab KSOP dalam hal ini terkait keamanan dan keselamatan dalam pelaksanaan aktivitas pelayaran. Sedangkan untuk dampak lingkungnnya tentunya banyak pihak lagi yang terlibat,” ujar Jhonny Runggu Silalahi. (hm/sh)

Check Also

Kapolri dan Panglima TNI Safari Ramadan ke Kaltim

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian melakukan Safari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.