Home » Kutim Siapkan Diri Dukung Regional Champions 2010

Kutim Siapkan Diri Dukung Regional Champions 2010

SANGATTA,- Terpilihnya Kaltim sebagai salah satu tujuh provinsi sebagai kawasan Regional Champions 2010 akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Pemkab Kutai Timur (Kutim) dengan lebih gencar memperkenalkan potensi dan keberadaan SDA Kutim. “Kutai Timur sangat senang dipilihnya Kaltim sebagai salah satu kawasan Regional Champions 2010, karena masih banyak potensi SDA Kutim yang tergerap dan jika menanti dana APBD tentu memerlukan waktu lama,” kata Kepala Bagian Humas M Syafranuddin.

Dalam siaran persnya yang dikirim ke berbagai media, diterangkan Bupati Isran Noor langsung meminta semua Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dengan investasi den pembangunan daerah untuk menyusun program kerja mendukung program Regional  Chmapions 2010.

Salah satu langkah yang akan dilakukan Pemkab Kutim yang melakukan koordinasi dengan Pemprov Kaltim serta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta. “Peluang yang diprogramlkan BKPM itu jangan sampai tidak dimanfaatkan, karena Kutim sudah merasakan manfaat kehadiran investor dimana semakin terbukanya lapangan kerja yang berdampak terhadap perekonomian rakyat,” kata Bupati Isran Noor sebagaimana dikutip Syafranuddin.

Sekedar diketahui, Kepala BKPM Gita Wirjawan menyebutkan untuk meningkatkan investor di Indonesia, pemerintah pusat menetapkan tujuh kawasan Regional Champions 2010 yakni Sumsel, Jawa Barat, Riau, Jawa Timur, NTB, Papua dan Kaltim.

Penetapan tujuh kawasan Regional Champions 2010 disebutkan Gita berdasarkan penilaian secara kuantitatif dengan indicator kesiapan investasi, ekonomi, kesiapan perangkat daerah dalam menciptakan iklim investasi serta ketersedian SDM dan SDA. “JIka ada investor yang akan masuk Indonesia, BKPM akan menawarkan ke tujuh kawasan ini karenanya kami akan melakukan koordinasi dengan daerah – daerah di tujuh kawasan Regional Champions itu,” beber Gita kepada sejumlah wartawan, Kamis (18/2) di Jakarta.

Menurut Syafranuddin, di Kutim terdapat SDM dan SDA yang memadai untuk digarap para pemodal besar baik nasional maupun asing. Ia menggambarkan potensi laut yang belum tergarap maksimal, kemudian perkebunan dan pertanian, transportasi serta kepariwisataan. “Laut Kutim sangat potensial untuk dikembangkan, namun sekarang belum ada investor yang menggarap sehingga banyak hasil laut yang dipasarkan melalui daerah lain,” beber jubir Pemkab Kutim ini.***
(Siaran Pers Humas Kutim – 19 Pebruari 2010)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *