Home » Gerbang Business » Lancarkan Distribusi BBM Pertamina MOR VI Bentuk Satgas
SPBU di kawasan MT Haryono, Damai, Balikpapan.(foto:tw/gk)

Lancarkan Distribusi BBM Pertamina MOR VI Bentuk Satgas

GERBANGKALTIM.COM, Balikpapan,- Menjamin kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan Kota Balikpapan dan sekitarnya, Pertamina MOR VI Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), membentuk Satuan Tugas (Satgas) Terminal BBM.

Satgas ini diperkuat 32 mobil tangki didukung 90 awak mobil/pengemudi tangki yang bertugas menjamin ketersediaan BBM di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dan APMS.

Distribusi BBM yang dilakukan Pertamina di Indonesia sebagai negara kepulauan, merupakan salah satu paling kompleks di dunia. Kehandalan awak mobil tangki dalam menyalurkan BBM menjadi salah satu hal yang menjadi concern Pertamina.

Khusus untuk TBBM Balikpapan, saat jelang Lebaran 2017 ini, telah disiapkan sebanyak 32 mobil tangki didukung 90 awak mobil tangki. Para pengemudi ini akan bekerja sesuai dengan shift dan melayani pendistribusian ke 24 SPBU dan 14 APMS yang tersebar di wilayah Balikpapan, hingga terjauh seperti wilayah Handil, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim dengan rata-rata penyaluran sekitar 750 kilo liter perhari.

Salah satu Penunjang kelancaran distribusi diberbagai kawasan di Kaltim, Pertamina dan PT Elnusa Petrofin, selaku pengelola distribusi BBM, secara rutin memeriksa kesehatan para awak mobil tangki. Ini dilakukan sebelum menyalurkan BBM ke penyalur.

Pengecekan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan fisik dan mental, tekanan darah, riwayat kesehatan hingga tes bebas alkohol, termasuk memberikan pijet relaksasi dan tempat beristirahat sebelum melaksanakan tugas atau usai melaksanakan tugas distribusi BBM. Selain itu, dilakukan pengecekan atau check list harian seperti kondisi mesin, kondisi ban, aki dan beberapa aspek lainnya.

GM Pertamina MOR VI Balikpapan, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, menghadapi Idul Fitri 1438 Hijriah, sebagai salah satu komitmen Pertamina dalam mengawal ketersedian BBM masa mudik lebaran, maka Pertamina MOR VI membentuk Satuan Tugas TBBM yang bekerja hingga 24 jam, guna mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM di masyarakat.

“Untuk itulah awak mobil tangki harus selalu siap. Bilamana diperlukan, dapat langsung menyalurkan BBM di luar jam kerja normal dan tentunya dengan pengaturan jam kerja dan sistem shift yang sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan,” kata Yanuar Budi Hartanto.(mh)

Check Also

Diduga Mesum Pasangan Remaja Diamankan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumnlah pasangan remaja yang diduga melakukan perbuatan asusila diamankan petugas Polsek Balikpapan, Kalimantan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *