Home » GerbangNews » Lantik Dirut PDAM, Bupati Paser: Harus Kreatif dan Inovatif

Lantik Dirut PDAM, Bupati Paser: Harus Kreatif dan Inovatif

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi melantik Muhammad Zam Zami sebagai Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat, Senin (28/8).

“Terpilihnya Muhammad Zam Zami sebagai direktur PDAM Tirta Kandilo Kabupaten Paser setelah lulus tahapan seleksi yang pertama kalinya, kata Yusriansyah.

Jabatan Direktur PDAM kata Yusriansyah sebelumnya kosong hampir selama setahun.

Pemkab Paser pun lanjut ia telah memberikan kesempatan yang sama bagi warga di daerah itu untuk mengisi jabatan Direktur PDAM melalui proses seleksi.

“Keterbukaan dalam proses rekrutmen memberikan kesempatan yang sama terhadap setiap warga negara untuk dapat mengisi posisi Pimpinan Tertinggi Manajemen pada PDAM Tirta Kandilo Kabupaten Paser,” kata Yusriansyah.

Yusriansyah membantah anggapan bahwa rekruitmen Direktur PDAM tidak transparan.

“Citra atau pandangan masyarakat yang mengatakan bahwa selama ini proses rekrutmen jabatan Direktur pada PDAM dilakukan dengan tidak transparan dapat dihilangkan,” kata Yusriansyah.

Begitu pun juga kata Yusriansyah, bahwa anggapan PDAM hanya dijadikan sebagai lahan untuk kepentingan penguasa tidaklah benar.

“Karena regulasi yang mengatur proses rekrutmen ini juga tidak memberikan ruang untuk hal tersebut,” ujar Yusriansyah.

Kepemimpinan direktur yang baru menurut Yusriansyah harus mampu memberikan perlakuan yang berbeda pada PDAM.

Pemimpin PDAM yang baru diharapkan dapat membawa perbaikan, penyehatan, kemandirian dan keprofesionalan PDAM secara kelembagaan dalam menjalankan fungsinya terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Paser, tambahnya.

Bahkan, dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh perusahaan, lanjut ia, direktur harus mampu untuk mengoptimalkan segala sumber daya dan potensi yang ada guna perbaikan dan peningkatan kinerja perusahaan.

“Seorang direktur harus kreatif dan dapat melakukan inovasi dalam mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Sehingga ke depannya kata Yusriansyah PDAM Tirta Kandilo Kabupaten Paser sebagai badan usaha yang mengelola sumber daya alam yang bernilai ekonomis dapat lebih mandiri dan mengurangi ketergantungannya pada Pemerintah Kabupaten Paser.

Direktur PDAM yang baru lanjut Yusriansyah agar segera mencari solusi untuk meningkatkan kapasitas distribusi air ke masyarakat karena dengan kapasitas yang ada saat ini sudah dianggap tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor PDAM Tirta Kandilo ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Paser, Sekretaris Daerah Aji Sayid Fathur Rahman, Asisten Kesra Setda Paser Asmuni Samad, Kejaksaan Negeri Tanah Grogot, dan Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Bank Kaltim termasuk para mantan Direktur PDAM Tirta Kandilo.(Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *