Home » GerbangNews » Larangan untuk Pengembang
Salah satu pembangunan perumahan.

Larangan untuk Pengembang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pembangunan bendali, khususnya di lokasi yang akan dijadikan komplek perumahan seperti diusulkan Camat Balikpapan Selatan (Balsel), menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Rahmad Mas.ud

Tindakan tegas berupa larangan membangun perumahan bagi perusahaan pengembang dikeluarkan jika pengembangnya tidak membangun bendungan pengendali (bendali) terlebih dahulu.

Terkait dengan persoalan pembangunan bendali, Pemkot Balikpapan mulai bersikap tegas. Bagi pengembang yang akan membuka lokasi untuk pembangunan perumahan juga diwajibkan membangun bendali.

Dikeluarkannya kebijakan cukup tegas yang melarang pembangunan perumahan sebelum menyelesaikan pembangunan bendali ini, sesuai dengan ketentuan. Pelarangan itu dilakukan untuk mengurangi musibah banjir yang kerap terjadi di kota “Beruang Madu” ini.

Sikap tegas terhadap para pengembang perumahan itu, kata Plt Walikota Rahmad Mas’ud, jika dulu pembangunan perumahan bisa dilakukan bersamaan dengan pembangunan bendalinya.

“Tapi saat ini, pengembang harus terlebih dahulu membangun bendali dan bisa berfungsi dengan baik, maka baru bisa melanjutkan pembangunan perumahannya. Sikap tegas ini diambil pemkot, akibat masih banyaknya pengembang nakal yang tidak memperhatikan pembangunan bendalinya sesuai aturan. Sehingga mengakibatkan sejumlah kawasan di Balikpapan tergenang banjir,” papar Rahmad.

Menurut Rahmad, harus ada kebijakan tegas terhadap para pengembang yang akan membangun perumahan, terutama mereka yang tidak mematuhi aturan membangun bendali. Upaya ini, salah satu untuk mengatasi banjir yang kerap kali terjadi di “ kota “Beriman” ini seraya meminta, agar warga tidak membangun di sepanjang garis sempadan sungai (GSS). Camat dan lurah diminta untuk mengingatkan warganya.

Sementara itu, warga juga mengingatkan kepada dinas/instansi yang memiliki kewenangan agar tidak memberikan izin membuka lahan untuk pembangunan perumahan terlebih dahulu. “Kecuali perusahaan atau pengembangnya sudah membangun bendali, baru diberikan ijinnya. Tapi tergantung oknum pembuat ijin,” kata warga yang disambut anggukan warga lainnya. (hm/sh)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.