Home » GerbangNews » LAUT BALIKPAPAN-PPU BELUM AMAN
Salah satu pemandangan di laut Teluk Balikpapan yang tercemar akibat tumpahan minyak mentah (crude oil), akhir Maret lalu.

LAUT BALIKPAPAN-PPU BELUM AMAN

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- KLHK Kalimantan menyatakan, hingga sekaran ini Perairan laut Balikpapan – Penajam Paser Utara (PPU) masih belum aman dari aktifitas warga. KLHK masih melakukan kajian dan uji laboratorium air laut di kawasan itu.

Menyikapi dampak pencemaran lingkungan di perairan Balikpapan dan Penajam Paser Utara yang hingga saat ini kondisi peraiaran di kedua wilayah tersebut dinilai masih belum aman,

Kepala P3E Kalimantan KLHK Tri Bangun L Sony mengatakan, karena masih dimungkinkannya kontaminasi ceceran minyak di perairan tersebut, meskipun saat ini memang terlihat bersih. “Hal ini bukanlah sembarang pernyataan, melainkan melalui hasil kajian tersendiri dari KLHK, melalui pengambilan sampel dan uji laboratorium,” tegas Tri Bangun.

Lebih lanjut sony mengatakan, larangan tersebut akan terus berlangsung sampai pemulihan kembali perairan Balikpapan-PPU yang dilakukan pertamina. Pihaknya tidak ingin terburu-buru menyatakan perairan tersebut aman, lantaran sangat berhati-hati dalam menyatakan kajiannya.

Seperti diketahui, tidak amannya sebagian perairan Teluk Balikpapan akibat terjadinya tumpahan/ceceran minyak mentah (crude oil) yang disebut-sebut dari saluran pipa minyak membentang di bawah laut dari Kilang Pertamina Balikpapan ke Terminal Lawe Lawe di PPU.

Pipa berukuran besar itu pecah/putus. Berdasarkan penelitian, rusaknya pipa tersebut terhantam jangkar kapal. Akhirnya, sebaran minyak berwarna hitam itu terbakar hebat. Akibatnya, merusak lingkungan sekitar dan menelan lima korban jiwa yang kesemuanya warga biasa, yakni nelayan. (hm/sh)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.