Home » Gerbang Health » Layanan Kesehatan Gratis warga Samarinda Tetap Berlanjut

Layanan Kesehatan Gratis warga Samarinda Tetap Berlanjut

Kantor baru pelayanan Jamkesda yang semula di Milono, sekarang di Jl KH Wahid Hasyim no 27 A per Januari 2014.
Kantor baru pelayanan Jamkesda yang semula di Milono, sekarang di Jl KH Wahid Hasyim no 27 A per Januari 2014.

SAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,— Program layanan kesehatan gratis bagi warga Samarinda tahun 2014 tetap dilanjutkan. Program pro rakyat Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di era kepimpinan wali kota Samarinda H Syaharie Jaang bersama wakil wali kota H Nusyirwan Ismail sudah menjadi harga mati.

“Jamkesda tetap lanjut, dan bahkan kita terus menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit luar sebagai langkah memberikan layanan kesehatan terbaik,” ungkap wali kota Samarinda H Syaharie Jaang kepada media ini.
Kepala UPTD Jamkesda Dinas Kesehatan Samarinda dr Syarifah Rahimah menjelaskan terkait adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk tahun ini hanya meliputi PNS, TNI, Polri dan masyarakat miskin yang terdaftar Program Pendataan Layanan Sosial (PPLS) 2011.
“Kita hanya ingin jaminan kesehatan tetap diberikan kepada warga Samarinda. Jadi warga yang telah terdaftar sebagai peserta, masih dapat menikmati kemudahan yang diberikan Jamkesda,” tegasnya.
Menurutnya kartu peserta yang telah terbit, tetap berlaku dan dapat dipakai sepanjang tahun 2014. “Pencetakan ulang dapat dilayani bagi peserta yang kehilangan kartu atau rusak dengan memperlihatkan bukti pendukung,” ucap I’im biasa Syarifah disapa.
I’im menghimbau kepada warga yang berhak menjadi peserta Jamkesda, agar segera mengurus kepesertaan. Adapun persyaratannya adalah belum memiliki jaminan kesehatan, membawa fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP dan formulir pendaftaran yang telah ditandatangani oleh Ketua RT setempat.
Sedangkan bagi warga yang sudah pernah mengurus atau menyerahkan berkas secara kolektif, namun hingga kini belum mendapatkan kartu pesertanya, disarankannya agar datang ke Kantor Jamkesda dengan membawa fotokopi kartu keluarga untuk dilakukan pengecekan oleh petugas Jamkesda.
“Jamkesda juga masih menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit sebagai tempat rujukan. Sistem pelayanan masih tetap sama, warga yang membutuhkan layanan kesehatan agar datang ke puskesmas terlebih dahulu. Bila diperlukan rujukan, maka pihak puskesmas akan merujuk pasien ke RS IA Moeis, RSUD A W Syahranie Samarinda, Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat (BKMOM), atau RS Atma Husada Mahakam,” terangnya.
Ia menginfokan juga, mulai 2 Januari 2014, kantor Jamkesda Samarinda yang semula berada di Jalan Milono No. 1, akan beralih ke Jalan KH Wahid Hasyim No. 27 A Samarinda.(hms2)
Sumber berita & foto: Humas Pemkot Samarinda

Check Also

ACC – Rumah Zakat Gelar Pengobatan Gratis

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Astra Credit Companies (ACC) Group Astra, Balikpapan bersama Rumah Zakat menggelar pengobatan gratis di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.