Home » GerbangNews » Limbah Mangrove Jadi Karya Seni
Salah satu hasil dari limbah mangrove

Limbah Mangrove Jadi Karya Seni

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Siapa yang sangka. Di tangan Guntur Harianto, limbah batang pohon mangrove disulap menjadi sebuah karya seni dan kerajinan yang memiliki nilai jual ekonomis. Pria kreatif berusia 44 tahun itu merubah limbah batang pohon mangrove menjadi tempat tisu, bingkai cermin, lampu gantung, hingga lampu hias.

Sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Guntur remaja, memang sudah memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengrajin dan seniman. Sekitar 21 tahun silam, berbagai macam kerajinan dari barang limbah sudah pernah dibuatnya.

Namun, baru di tahun 2016 lalu Guntur menemukan cara yang unik untuk mengolah limbah kayu mangrove dijadikan sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Bahkan, karyanya ini kini dilirik oleh sejumlah negara Asia hingga Eropa.

Kini guntur memulai obsesinya tersebut dengan membentuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat berbasis lingkungan. Guntur bersama 7 orang lainnya diantaranya dari kelompok nelayan, ikut andil dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui kerajinan ini. Sebab, menurutnya masyarakat harus meningkatkan kualitas hidupnya lewat berkarya. (hm)

 

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.