Home » GerbangNews » LPPOM MUI Lakukan Uji Banding Hasil Sidak di Solaria Balikpapan
Jurnalis ketika meminta keterangan Syaiful Bahri (duduk) terkait uji banding, temuan sampel bahan tidak halal di Solaria Balikpapan.

LPPOM MUI Lakukan Uji Banding Hasil Sidak di Solaria Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat ini melakukan uji banding terhadap hasil sidak terhadap temuan bahan-bahan tidak halal di Restoran Solaria Balikpapan, yang dilakukan oleh Dinas Peternakan, LPPOM MUI Kaltim dan MUI Kaltim Senin (23/11/2015).

“Hasilnya itu sedang diprosess oleh LP POM Pusat. Jadi temuan ini sedang diproses karena kita didaftarkan di pusat maka diuji LPPOM MUI pusat. Saya kira itu saja penjelasan dari saya,” kata Manager Personalia Solaria Pusat Rustono usai pertemuan tertutup Kamis sore (26/11/2015) di ruang Asisten I Sekdakot Balikpapan.
(26/11).

Kepada pers Rustono tidak ingin menjelaskan lebih jauh persoalan tersebut dan menyerahkan pihak pemerintah kota untuk menjelaskan. “Itu saja penjelasan saya, yang  lain no coment. Yang jelas aktivitas (Solaria Balikpapan) masih berlangsung” jelasnya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintah Sekdakot Balikpapan Syaiful Bahri membenarkan hal itu. “ Hasilnya kita tunggu dalam 1-2 hari ini. Karena sertifikat halal itu dari pusat maka diuji kembali ke LPPOM MUI Pusat,” katanya.

Syairul menambahkan, jika nantinya hasil uji banding  berbeda antara hasil temuan Lab MUI Balikpapan dengan MUI Pusat, maka akan dilakukan penelitian kembali oleh pihak ketiga. “ Kalau itu terjadi kita akan pakai pihak ketiga tentu yang memiliki kredibilitas dan kapasitas,” katanya.

Pemkot kata Syaiful, sempat meminta agar logo halal dicopot namun hal itu ditolak pihak Solaria yang merasa keberatan.

Sekarang kepastian ada ditangan MUI karena mereka yang mengeluarkan sertifikat halal. “ kita tunggu LP POM MUI Pusat kan mereka yang mengeluarkan dan secara moral mereka harus cepat bertindak,” katanya.

Sementara pihak MUI Pusat dari fatwa yang ikut mendampingi Solaria tidak mau berkomentar. “ No coment jangan saya,” ujarnya.(rif-gk)

 

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.