Home » GerbangNews » MA Luncurkan Aplikasi E-Court

MA Luncurkan Aplikasi E-Court

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Mahkamah Agung (MA) secara resmi membuka (lounching) penggunaan aplikasi administrasi di pengadilan secara elektronik atau e-court di seluruh Indonesia. Peresmian yang dilakukan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali ini sebagai langkah untuk memenuhi asas peradilan sederhana,  cepat  dan biaya ringan.

Mahkamah Agung telah menerbitkan peraturan MA (Perma) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi di Pengadilan secara elektronik. Persemiannya ditandai dengan penekan tombol sirene.

Ketua MA berkesempatan melakukan teleconprence dengan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, PN dan Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat untuk mengetahui sejauh mana lembaga tersebut sudah melaksanakan aplikasi ini.

Juru bicara MA Suhadi mengatakan,  hal ini dilakukan untuk memenuhi asas peradilan sederhana,  cepat,  dan biaya ringan.  Karena dengan adanya sistem ini akan memangkas waktu dan panggilan. Selain itu,  diharapkan akan lebih memudahkan bagi para pencari keadilan dalam perkara perdata.

Suhadi menambahkan, dengan aplikasi ini juga dapat mencegah tindak korupsi kolusi dan nepotisme (KKN)  dengan  mengurangi pertemuan para pihak yang berpekara dengan petugas di pengadilan.

Munurut Suhadi, meski Perma berlaku di seluruh pengadilan Indonesia, pihak MA menyadari, perlu waktu untuk melakukan penyesuaian dari sistem ini. Ssehingga MA akan terus melakukan penyiapan perangkat e-court,  sosialisasi kepada pengadilan tingkat banding,  tingkat pertama,  khususnya kepada administrator perkara perdata dan petugas IT serta sosialisasi kepada masyarakat,  secara khusus kepada advokat.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan, sertifikat akreditasi penjaminan mutu kepada 4 lingkungan peradilan. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.