Home » Masyarakat Paser Dialog Etika dan Budaya Politik

Masyarakat Paser Dialog Etika dan Budaya Politik

Dialog Etika dan Budaya PolitikTANA PASER, GERBANGKALTIM.COM,—Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser menggelar dialog etika dan budaya politik dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Paser H.M.Mardikansyah,SH.MAP di Pendopo Kabupaten Paser (Rabu,5/6).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Paser, Bupati Paser berharap agar kegiatan semacam ini dapat digelar secara rutin dan berkesinambungan untuk memberikan pemahaman tentang etika berpolitik yang baik dan benar kepada seluruh elemen baik legislative, eksekutif dan masyarakat itu sendiri. Bupati sangat mengharapkan agar masyarakat Kabupaten Paser dapat tetap bersatu dan tidak terpecah belah walaupun berbeda dalam cara berpolitik dan memilih calon legislative maupun calon gubernur.
Sementara itu Kasi Politik Kantor Kesbangpol Nelson Pasaribu, S.Sos dalam laporannya memaparkan bahwa tujuan dialog ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak baik legislative, eksekutif dan masyarakat sebagai pemilih tentang hak dan kewajiban dalam politik sehingga dapat menggunakan hak dan kewajiban politik tersebut secara benar. Selain itu untuk mengurangi tingkat Golput saat pilgub dan Pileg, Pilpres nanti.
Kegiatan ini diikuti oleh para tokoh masyarakat, pengurus parpol, tokoh agama, tokoh pemuda, elemen mahasiswa dari bebrapa perguruan tinggi di Kabupaten Paser antara lain STIE Widya Praja, STIT Ibnu Rusyd, STIPER Muhammadiyah, Universitas Darul Ulum Jombang Cabang Paser.
Hadir sebagai pembicara adalah Dr. Bangun Sitohang, Kasi Pendidikan Politik Departemen Dalam Negeri Jakarta, Dr. Jamaludin Amin Dosen Fisipol Universitas Mulawarman Samarinda dan dipandu oleh Priyo Suwarno Redaktur Harian Tribun Kaltim, sebagai moderator.
“Acara ini sangat luar biasa dan patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kesbangpol Paser yang telah menggelar acara ini” tutur Priyo Suwarno saat membuka acara. “ Ini harus diekpose secara luar biasa, kalau perlu diunggah ke youtube sehingga Kabupaten Paser menjadi terkenal” saran Priyo.
Dr.Bangun Sitohang mengatakan bahwa Etika dan Budaya Politik yang baik dan benar adalah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 yang mengedepankan musyawarah mufakat untuk menyelesaikan setiap permasalahan serta menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi/golongan/partai. “Nilai-nilai Pancasila harus menjadi landasan berprilaku bagi kita semua dalam berpolitik, sehingga kita semua terhindar dari prilaku politik kotor,” papar Sitohang.
Sementara itu Dr. Jamaludin Amin mengatakan bahwa untuk membangun suatu sistem politik yang bersih, maka harus berlandaskan pada nilai agama, rasa malu dan nilai-nilai luhur pancasila dan harus dipahami serta dilaksanakan oleh politikus, birokrasi dan masyarakat itu sendiri. “Saat ini masyarakat masih terjebak dalam prilaku politik pragmatis sehingga money politic masih gampang kita temui diseluruh pelosok negeri ini” Ujar Jamaludin Amin.
H.Syamsudin Cukur, salah seorang anggota DPRD Paser dari Partai Golkar mengatakan bahwa acara semacam ini sangat postif dan harus lebih sering ditingkatkan. Sementara itu H.Ismail,S.Ag dari Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Paser mengatakan bahwa buruknya prilaku sebagian elita partai, anggota legislative dan eksekutif di Indonesia saat ini terjadi karena rendahnya pengamalan nilai-nilai agama.
“Saat ini prilaku sebagian oknum legislative, eksekutif maupun yudikatif mencerminkan mereka sudah tidak mempunyai rasa malu lagi,” ujar pria yang terkenal religious ini.
Kalangan mahasiswa lebih mengkritik kebijakan pemerintah daerah dan DPRD yang dianggap belum berpihak kepada kesejahteraan masyarakat. Ajmain, salah seorang pengurus kerukunan pelajar dan mahasiswa kabupaten paser dalam kesempatan ini menyorot tentang sikap Bupati Paser dalam menyikapi usulan pemekaran kabupaten yang saat ini sedang hangat dibicarakan.
Para peserta dialog sangat mengharapkan agar kegiatan semacam ini lebih sering dilaksanakan sehingga masyarakat benar-benar dapat melek politik dan terhindar dari korban money politik yang dilakukan oleh oknum-oknum parpol yang berfikiran kotor. (AA)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.