Home » Menjelang Ramadhan, Harga Ayam Rp50 Ribu, Bawang Rp45 Ribu

Menjelang Ramadhan, Harga Ayam Rp50 Ribu, Bawang Rp45 Ribu

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Sepekan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok di Balikpapan terus meroket. Harga ayam potong menjadi komoditas dengan kenaikan harga yang paling fantastis, kenaikan ini merupakan imbas dari kenaikan harga BBM subsidi serta berkaitan masuknya bulan suci Ramadhan.

Seperti di pasar Klandasan, harga ayam potong  terus merangkak naik. Salah satu pedagang ayam mengatakan harga daging ayam terus mengalami kenaikan sejak sebulan belakangan ini dari kisaran harga normal. “Sebelum harga BBM naik,  harga normal daging ayam antara Rp 30 ribu per ekor, kini harganya sudah Rp 50 ribu per ekornya,” ujar Ida.

Ida memperkirakan, harga tersebut akan terus merangkak naik memasuki bulan Ramadhan. Imbasnya, omset penjualan usahanya menurun akibat harga jual yang mengalami kenaikan setiap hari.

Tine, seorang pembeli di pasar Klandasan mengakui akibat kenaikan harga daging ayam ini, banyak warga mengeluh tak lagi mampu membeli satu ekor ayam. “Kenaikan ini tentu saja memberatkan apalagi bagi warga yang membutuhkan pasokan daging ayam  setiap harinya,” kata Tine.

BAWANG MERAH RP 45 RIBU

Sementara itu, harga bawang merah di sejumlah pasar di Balikpapan,  beberapa hari ini kembali naik sebesar Rp15 ribu per kg dari 30 ribu rupiah menjadi 45 ribu per kilogramnya.

Asni, pedagang bawang di pasar Klandasan mengatakan  pasokan bawang merah dari luar Kalimantan mengalami keterlambatan, akibatnya harga bawang yang semula sudah turun menjadi semula dikisaran Rp30-35 ribu perkilogramnya,  kembali naik menjadi 45 ribu rupiah  per kilogram.

Akibat kenaikan ini,  sejumlah pedagang yang lainnya menjual bawang merah menyesuaikan dengan harga yang ditetapkan distributor. Kenaikan ini tentu saja dikeluhkan sejumlah pembeli.
Mereka terkejut dengan adanya kenaikan bawang merah ini   karena dua minggu lalu harga bawang merah masih di kisaran Rp30  ribu per kilogram.  “Ya, kenaikan kebutuhan pokok ini sangat memberatkan pembeli,” ujar Ny Yusuf.

Kenaikan harga juga terjadi pada harga beras sebesar 5 persen. Seperti yang dikatakan Mulyadi, salah satu pedagang beras di pasar Klandasan mengatakan harga beras mengalami kenaikan mulai lima ribu hingga 10 ribu perkarungnya, tergantung jenis beras.(Mukmin Azis)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.