Home » GerbangNews » Mortir di Tambang Pasir Warga

Mortir di Tambang Pasir Warga

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sebuah mortir bekas peninggalan perang dunia ke dua ditemukan warga di areal bekas penambangan pasir di Kecamatan Lawe-Lawe Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), belum lama ini.

Penemuan bahan peledak dengan diameter 60 mili meter dan panjang 80 centi meter yang diduga masih aktif tersebut berhasil diamankan anggota Kodim 0913 PPU.

Penemuan secara tidak sengaja oleh salah seorang warga itu, lantas dilaporkan ke Unit Intel Kodim 0913 PPU dan segera dilakukan evakuasi. Sebelumnya, petugas sempat berusaha mendinginkan suhu mortir tersebut dengan menyiram air.

Mortir diduga masih aktif dan dapat membahayakan warga sekitar lantaran memiliki daya ledak yang sangat tinggi. “Kawasan penemuan mortir ini ternyata memang membuktikan sebagai salah satu saksi bisu perang dunia sebagai medan pertempuran pada perang dunia ke dua,” kata Letkol Dwi Imam Subagyo,  Dandim 0913 PPU. (hm)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *