Home » MSCI Gelar Real Quick Count Pemilukada Balikpapan 2011

MSCI Gelar Real Quick Count Pemilukada Balikpapan 2011

Perhelatan pesta demokrasi Pemilukada Balikpapan 2011 bakal diramaikan dengan adanya perhitungan suara cepat secara riil atau yang dikenal dengan Real Quick Count.  System hitung cepat yang bisa diikuti dari menit ke menit dan hasil keseluruhan bisa diketahui hanya beberapa jam usai perhitungan di TPS-TPS itu akan dilaksanakan oleh Media Survei Center Indonesia (MSCI).

Seperti yang dilansir di situsnya http://www.mediasmscenter.com/ terlihat persiapan real quick count dengan memasang foto keempat pasangan calon walikota dan wakil walikota Balikpapan peserta Pemilukada Balikpapan. “Isya Allah saya siap melakukan real quick count di Balikpapan. Kami sedang melakukan pelatihan terhadap para relawan dari salah satu kandidat,” ujar Helmi Panggabean Direktur MSCI ketika dihubungi Gerbangkaltim.

Menurut Helmi yang telah sukses menggelar real quick count di beberapa daerah di Indonesia dalam pemilihan gubernur maupun bupati/walikota, tujuan hitung cepat ini adalah menciptakan pemilukada yang jujur dan adil (jurdil).   Real Quick Count merupakan proses pengumpulan informasi oleh ratusan bahkan ribuan relawan melalui pemantauan langsung saat pemungutan dan perhitungan suara di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada. Pemantau mencatat informasi, termasuk hasil perhitungan suara yang ada, dan melaporkan hasil tersebut ke pusat pengumpulan data (Server) melalui SMS.

“Kami gunakan server yang ditempatkan di local Balikpapan untuk mempermudah pemantauan dan mengatasi masalah apabila terjadi data  error atau salah memasukkan data. Kita tinggal cek kepada relawan di TPS,” ujarnya.

Real Quick Count bukan opini dan tidak menanyakan pada pemilih siapa dan bagaimana mereka memilih, melainkan berdasarkan fakta karena data diambil langsung TPS sehingga datanya pun lebih dapat dipertanggungjawabkan. Metode pengumpulan data secara komprehensif (data dari semua TPS) dengan menggunakan relawan-relawan dari kandidat masing-masing.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan juga akan menggelar real quick count. Seperti yang dirilis dalam webnya http://kpud-balikpapankota.go.id/ hitung cepat secara riil juga bakal dilakukan oleh KPUD Balikpapan dengan memanfaatkan tenaga para 1147 orang KPPS. Hasil quick count versi KPU Balikpapan nantinya juga bisa dipantau oleh masyarakat Balikpapan.

Tentu saja kendati hasil kemenangan dan kekalahan bisa diketahui melalui real quick count, namun secara resmi siapa pasangan calon yang memenangkan pemilukada tetap melalui mekanisme perhitungan Pleno di KPU Balikpapan. (triwidodo@gerbangkaltim.com)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.