Home » GerbangNews » Mudik Lebaran 2017: Basarnas Kaltim dan Kaltara Dirikan 10 Posko di 8 Titik Rawan
Basarnas Kaltim-Kaltara. (foto: hm/gk)

Mudik Lebaran 2017: Basarnas Kaltim dan Kaltara Dirikan 10 Posko di 8 Titik Rawan

GERBANGKALTIM.COM, Balikpapan,- Basarnas Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) akan mendirikan 10 “Posko Kesiapsiagaan” di delapan titik rawan di kedua wilayah setempat. Dilakukannya upaya ini untuk memberikan rasa aman kepada warga yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini.

Kesepuluh “Posko Kesiapsiagaan” untuk mengantisipasi arus mudik lebaran tahun 2017 ini. Rencananya didirikan pada H-10 hingga H+10 Idul Fitri 1438 Hijriah. Pendirian posko khususnya di daerah rawan kecelakaan, sehingga basarnas bisa langsung melakukan pertolongan jika terjadi kecelakan atau musibah. Upaya ini juga memperpendek merespom waktu dalam setiap musibah kebencanaan.

Pada posko-posko tersebut nantinya, akan dikerahkan sebanyak 65 personil basarnas yang disiapsiagakan di posko dan dibantu personil TNI dan organisasi kemasyarakatan. Posko-posko itu dibangun pada titik-titik yang dianggap rawan. Untuk di wilayah Kabupaten Nunukan (Kaltara), akan didirikan tiga posko, yakni di kawasan Tunon Taka, Sungai Jepun, dan Pantai Etching.

Untuk kota Tarakan (Kaltara), juga dibangun tiga posko, yaitu kawasan sekitar Bandara Kuala dan dua pos di lokasi Pantai Amal. Pos pengamanan ini juga didirikan di Kota Bontang (Kaltim). Pendiriannya di Simpang Bontang, Pelabuhan Kenyamukan, Simpang Empat Jalan Pelangi, termasuk posko di Kutai Timur.

Sedangkan khusus Kota Balikpapan (Kaltim), dibangun 5 posko pengamanan, yakni di sekitar Pelabuhan Semayang, Bandara Sepinggan, Pantai Manggar, Lamaru, sekitar kawasan kilometer 8 dan jalan poros Balikpapan – Samarinda.

Sementara itu, Kepala Basarnas Balikpapan Mujiono menjelaskan, pendirian posko memang terdapat kendala karena luas wilayah dan juga keterbatasan personil. “Khusus untuk wilayah Balikpapan, kesiapsiagaan di Kantor Basarnas selama 24 jam. Kami juga siagakan antisipasi bencana banjir dan longsor,” kata Mujiono.(mh)

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *