Home » GerbangNews » Mudik Lebaran 2017: Sempat Masuk Skoci, Menhub Prihatin Ribuan Penumpang Tidur di Lorong dan Lantai Kapal
Ribuan penumpang mudik lebaran 2017 yang akan naik KM Labobar di Semayang Balikpapan.(foto: mh/gk)

Mudik Lebaran 2017: Sempat Masuk Skoci, Menhub Prihatin Ribuan Penumpang Tidur di Lorong dan Lantai Kapal

GERBANGKALTIM.com, BALIKPAPAN.– Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat memperhatikan dan prihatin terhadap ribuan penumpang KM Labobar milik PT Pelni yang sedang mengangkut 4.500 penumpang mudik lebaran di Pelabuhan Semayang Balikpapan tujuan Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/6/2017).

Dalam pengecekan yang didampingi Dirjen Perhubungan Laut  A.Tonny Budiono,  Direktur Utama PT Pelni Elfin Goentoro, Ketua Komisi VI  DPR RI,  dan Kepala BKIP J.A. Barata, Menhub minta PT Pelni memperhatikan pemudik di atas kapal yang masih belum kebagian tempat tidur.

“Dalam pengecekan ini memang terlihat masih banyak penumpang yang terpaksa tidur di lantai dan lorong kapal.  Ini akan dibicarakan dengan PT Pelni, sehingga kedepannya para pemudik ini juga bisa mendapatkan tempat tidur,” kata Menhub.

Dalam KM Labobar ini dari total jumlah penumpang 4.500 orang, 60 persen mendapatkan tempat tidur dan 40 persen tidak mendapatkan tempat tidur. Pada kesempatan itu, Menhub juga memastikan kesiapan alat keselamatan kapal dengan dengan masuk ke dalam kapal skoci penyelamat, untuk mengetahui apakah masih berfungsi atau tidak.

Menhub ketika berada di Pelabuhan Semayang Balikpapan.(foto: mh/gk)

Setelah mengecek kesiapan arus mudik di Balikpapan, Menhub berserta rombongan menuju Makassar, Sulawesi Selatan untuk mengecek kesiapan bandara Soekarno-Hatta Makassar. Setelah itu akan mengecek kesiapan bandara di Banyuwangi, Jawa Timur, di samping mengecek kondisi penyebrangan Gilimanuk – Bali, dan peyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Menhub juga akan melakukan pengecekan di angkutan lebaran kereta api di stasiun kereta api Banyuwangi.

GOR Pertamina dan DOME Disiapkan Tampung Pemudik

Sementara itu, mengenai kesiapan fasilitas di darat dalam menunjang kelancaran arus mudik Lebarah 2017 di Balikpapan, Menhub Budi Karya Sumadi meminta PT Pelindo IV untuk menambah dan memperlebar tenda untuk ribun calon pemudik yang ada di pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kaltim.

Sedangkan Pemerintah Kota Balikpapan diminta menyiapkan lokasi yang representaif untuk menginap sementara bagi calon pemudik. Ada dua lokasi yang disiapkan oleh Pemkot Balikpapan, yakni Gelora Patra milik Pertamina, dan Gedung DOME milik Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kami meminta Pelindo untuk menambah tenda yang ada. Kami juga bicara dengan Walikota Balikpapan untuk menyiapkan lokasi bagi calon penumpang memang sebagian besar banyak yang menginap di pelabuhan karena berasal dari pelosok,” kata Menhub.

Dalam dalam kunjungan kerja ini, Menhub sempat berbincang dengan sejulah calon pemudik yang ada di tenda di pelabuhan semayang sebelum bisa masuk ke terminal keberangkatan penumpang. Ukuran tenda yang terlalu kecil membuat ribuan calon penumpang banyak yang tidak bisa berlindung dari panas dan hujan.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan Pemkot akan berkordinasi dengan PT Pelindo IV untuk mengantipasi membludaknya penumpang dengan menyiapkan Gelora Patra milik Pertamina sebagai tempat sementara calon pemudik untuk menginap. Selain itu Pemkot Balikpapan juga akan memberika alternatif dengan menyiapkan Balikpapan Sport and Conventition Center atau BSCC DOM sebagai tempat menginap sementara calon pemudik.

(mh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.