Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Mulai 2017 Disdik Kota Focus Perbaikan Pada SD dan SMP

Mulai 2017 Disdik Kota Focus Perbaikan Pada SD dan SMP

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Dinas Pendidikan kota Balikpapan menargetkan program peningkatan kebersihan dan sanitasi sekolah berupa toilet, dan perpustakaan serta UKS akan diselesaikan hingga 2020. Perbaikan sarpras di sekolah negeri baik SD, SMP hingga SMA merupakan amanat dari LHP BPK 2014 kepada Dinas Pendidikan kota Balikpapan karena dinilai belum layak.

Kepala Dinas Pendidikan kota Muhaimin mengatakan program itu masuk dalam rencana jangka panjang Disdik kota hingga tahun 2020 mendatang. Kata Muhaimin program itu sudah berjalan dan pada APBD perubahn 2015 ini dianggarkan Rp6 miliar.

“ Memang sudah kita masuk dalam renja disdik 2015 sampai 2020 memang secara keseluruhan selesai. Nah sekarang kita laksanakan secara bertahap. Kita maunya kalau anggaran banyak lebih cepat lebih baik,” tutur Muhaimin, Rabu (28/10).

Nantinya pada 2017 mendatang kewenangan disdik untuk perbaikan sarpras akan dialihkan kepada dinas Pendidikan Provinsi. Hal ini sesuai dengan UU Pemerintah daerah. “ Berarti nanti anggaran kita bisa focus ke SD an SMP. Mudah-mudahan ini bisa lebih cepat selesai,” katanya

Diakuinya persoalan kebersihan toilet atau sanitasi masih kendala utama yang dihadapi oleh setiap sekolah. Baik itu menyangkut jumlah toilet yang tidak sebanding dengan jumlah siswa, maupun Karena keterbatasan lahan sehingga kondisi toilet kurang mendapat perhatian yang baik atau kondisi sekarang ini masih kurang layak.

“Sekolah kita kan sekolah lama ya, tipikang adanya memeng seperti itu, kondisi toilet memang rata-rata kurang layak. Mau tak mau suka tidak suka ini harus ditingkatkan,”tandasnya.

Komisi IV DPRD kota pada Selasa kemarin melakukan tinjau ke 33 sekolah SD, SMP dan SMA/SMK di Balikpapn selatan dan Kota. Tinjau an ini kata Muhaimin bagian dari DPRD mendorong percepatan realisasi perbaikan toilet sekolah.

Muhaimin sependapat dengan DPRD agar persoalan ini dituntaskan secara bertahap sehingga murid dan guru dapat melaksanakan program belajar mengajar dengan lebih nyaman dan tenang.

Di tahun 2016 mendatang yang kini tengah pembahasan anggaran kata Muhaimin juga sudah dimasukan anggaran perbaikan toilet dan penambahan. (rif-Gk)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *