Home » Mulai Didemo, KPU Kaltim Dipasang Kawat Berduri

Mulai Didemo, KPU Kaltim Dipasang Kawat Berduri

images-kpuSAMARINDA – Gedung kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kaltim di Jalan Basuki Rahmat II, Samarinda, Kamis (30/5), dijaga ketat petugas keamanan dan bahkan diblokir dengan pagar kawat berduri. Langkah ini sebagai antisipasi pengamanan aset milik pemerintah dari aksi-aksi massa yang tak diinginkan terkait proses pencalonan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur menjelang Pemilukada Kaltim 2013.

Pemblokiran gedung KPU Kaltim ini dilakukan aparat Polresta Samarinda dan Satuan Brimob Polda Kaltim di bagian depan. Sedang di halaman gedung berjaga-jaga puluhan petugas Brimob dengan seragam lengkap. Sementara di ruas jalan Basuki Rahmat II disiagakan puluhan mobil dengan ratusan petugas, termasuk dua mobil water canon dan satu ambulance milik PMI Samarinda yang standbye untuk menjaga berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

6IMG_2981Sekitar pukul 11.00 Wita, datang sekelompok massa yang mengatasnamakan masyarakat Dayak Kaltim untuk menyampaikan aspirasi damai ke KPU Kaltim. Mereka yang dipimpin Laden Mering dengan koordinator lapangan, Markus dan Abraham Ingan itu sempat diadang petugas dengan pagar betis di jalan Basuki Rahmat depan Kantor Dinsos Kaltim.

Usai berorasi dan negosiasi dengan petugas, Laden Mering yang turun dari mobil terbuka bersama Markus dan Abraham, langsung digiring menuju gedung KPU Kaltim dan diikuti sekitar 30 massa kelompoknya. Namun, Laden Mering dan Markus yang memakai pakaian adat Dayak tak bisa masuk dan menerobos pagar kawat berduri dan ketatnya blokade petugas di depan gedung lembaga pelaksana Pemilu dan Pemilukada itu.

Ketiganya lantas berorasi di jalanan. Mereka menyampaikan tuntutan kepada Ketua KPU Kaltim, H Andi Sunandar, untuk mengundur atau menunda jadwal pendaftaran pasangan Cagub/Cawagub Kaltim seperti tuntutan aspirasi sebelumnya. Tuntutan ini guna memberi kesempatan calon lain yang dianggap mereka sebagai calon pemimpin yang berkualitas.

 

Siapakah bakal calon pemimpin itu? Pak Laden, Abraham maupun Markus tidak menyebut sosok figur pemimpin dimaksud. “Kami minta, KPU menunda pendaftaran pencalonan untuk memberi kesempatan calon lain. Ketua KPU Kaltim, Andi Sunandar harus konsisten, dan tidak memihak calon tertentu saja. Kalau tidak, bubarkan KPU Kaltim dan Andi Sunandar kami minta mundur dari jabatannya,” papar mereka secara bergantian.

 

KPU Kaltim seperti diketahui sudah mengumumkan dan membuka pendaftaran pasangan calon yang akan maju ke Pemilukada Kaltim 2013 terhitung sejak 21 sampai dengan 28 Mei 2013. Sampai hari terakhir penutupan, Selasa (28/5) pukul 00.00, ada tiga pasang calon Gubernur/Wakil Gubernur yang resmi mendaftar. Ketiganya adalah pasangan H Farid Wadjdy — H Aji Sofyan Alex yang diusung PPP dan PDI-P, disusul H Awang Faroek Ishak – Mukmin Faisyal dengan 10 partai pengusung, dan H Imdaad Hamid – Ipong Muchlissoni di jalur independen atau perseorangan.

 

Terkait aksi damai sekelompok massa di atas, Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar, sempat menemui pendemo untuk kemudian melakukan negosiasi dengan perwakilan mereka dan dalam pengawalan ketat petugas. Belum diketahui persis hasil perundingannya. Namun, sekelompok massa ini masih tetap bertahan dan bahkan mendirikan tenda mulai pukul 16.00 wita di trotoar jalan depan KPU atau di sisi pagar halaman kantor Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim.

 

Aksi sekelompok massa yang mengatasnamakan masyarakat Dayak Kaltim itu juga sempat menyita perhatian pegawai kantor sejumlah SKPD lingkup Kaltim dan Samarinda yang ada. Terlebih ruas jalan Basuki Rahmat II sendiri sempat diportal petugas mulai di perempatan jalan Agussalim – Abul Hasan – Basuki Rahmat I dan II (Simpang Haji Dardjat) sampai ke pertigaan jalan Basuki II – Danau Toba – Barito, sehingga ketertiban umum berlalu lintas juga sempat terganggu. (dil/diskominfo)

Sumber: http://diskominfo.kaltimprov.go.id

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.