Home » GerbangNews » Nataru, Basarnas Siaga di Lokasi Wisata

Nataru, Basarnas Siaga di Lokasi Wisata

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Suasana disejumlah pantai wisata di Balikpapan Timur, Kalimantan Timur (Kaltim), menjelang libur natal dan tahun baru (nataru), masih terlihat lenggang. Kendati demikian, petugas SAR disiagakan dibeberapa posko di sejumlah pantai wisata.

Basarnas wilayah Kaltim-Kaltara (Kaltimtara) mendirikan beberapa posko, khususnya di lokasi-lokasi wisata. Salah satunya, di Pantai Manggar. Posko SAR disiagakan sedikitnya dua puluh personel gabungan. Mulai dari petugas Basarnas, Stekpala, PKPU hingga TNI dan Polri serta unsur SAR lainnya.

Posko SAR disiagakan untuk mengantisipasi adanya peristiwa-peristiwa yang berpotensi terjadi setiap liburan hari besar, khususnya di areal wisata pantai.  Selain puluhan petugas SAR, dibeberapa pantai wisata dikawasan Balikpapan Timur ini juga disiagakan sejumlah kendaraan dan peralatan (alutsar) untuk mendukung operasional petugas.

“Pantauan h-1 libur nataru. Suasana di pantai manggar, khususnya masih terlihat lenggang belum adanya penumpukkan pengunjung seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Kasi Ops Basarnas Kaltimtara, Octavianto.

7 PUSKESMAS SIAGA 24 JAM

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, menyiagakan tujuh unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang buka selama 24 jam nonstop, lengkap dengan personelnya untuk melayani masyarakat selama libur jelang tahun baru 2018.

Ketujuh puskesmas tersebut adalah Puskesmas Manggar di Kecamatan Balikpapan Timur,  Puskesmas Sepinggan,  Klandasan Ilir,  dan Mekarsari di Balikpapan Selatan.  Kemudian Puskesmas Kariangau dan Karang Joang di Balikpapan Utara. Pada setiap puskesmas siaga personel,  yaitu dokter umum, dokter gigi,  bidan,  perawat, asisten apoteker, tata usaha  dan mobil ambulance.

Kepala DKK Balikpapan, Balerina JPP, mengatakan layanan 24 jam ada tiga kali giliran jaga dan dua kali giliran untuk puskesmas rawat jalandan semua personel kesehatan harus selalu siaga di tempat.

Berdasarkan catatan dinas kesehatan kota balikpapan/  hari-hari menjelang dan saat perayaan natal dan tahun baru 2018 / serta kemudian beberapa hari sesudahnya adalah hari rawan kecelakaan lalu lintas. “hal ini terjadi, karena meningkatnya mobilitas masyarakat,” ujar Balerina.

POHON NATAL

Sementara itu, merayakan Hari Natal 2017 ini, Panti Asuhan Bina Kasih di kawasan Jalan Mayjend Sutoyo Gunung Malang Balikpapan, membuat pohon natal dari barang-barang bekas. Anak-anak membuat pohon natal dari botol, kaleng, gelas pelastik, kertas koran yang semuanya bekas atau sisa yang sudah tidak terpakai.

Anak binaan panti asuhan Yetri Dokras Kamengon, mengatakan  dibutuhkan waktu selama satu minggu untuk membuat pohon natal itu. Dalam proses membuatnya, anak-anak saling bergotong royong. “Selain memeriahkan Natal 2017, tujuan kami membuat pohon natal dari barang bekas ini adalah untuk mengajarkan ke adik-adik agar mengetahui pentingnya menjaga lingkungan,” kata Yetri.

LPM GSI PATROLI

Terkait dengan nataru, memastikan keamanan dan kenyamanannya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gunung Sari Ilir Balikpapan Tengah, melakukan patroli lingkungan dengan menggunakan kendaraan roda dua berkonvoi mendatangi sejumlah gereja yang akan melaksanakan ibadah natal.

Patroli lingkungan dipimpin langsung Ketua LPM GSI, Andi Arief Anggung yang juga anggota DPRD Kota Balikpapan bersama Lurah Suparli, serta Babinsa dan Babinkamtibmas dari 11 gereja yang ada. Patroli  diikuti 20 pengurus LPM dan ketua RT, mengunjungi 2 gereja masing-masing Gereja Jemaat Allah GSI dan Gereja Pantekosta Gunung Malang.

Pendeta Gereja Pantekosta, Rahmad Urif, mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan patroli lingkungan yang dilakasanakan pihak LPm dan kelurahan ini. Pasalnya, umat akan merasa lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah.

“Patroli lingkungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan LPM untuk memastikan keamanan dan kenyamanan warga GSI,”  kata ketua lpm, andi arief. Bertepatan dengan perayaan natal, maka pihaknya menyambangi sejumlah gereja, tujuannya untuk meningkatkan tali silaturahmi antar-umat beragama. (hm/sh)

 

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *