Home » GerbangNews » Nomor 4 Bangun Pabrik Ikan Kemasan
Cawagub Kaltim Safaruddin mengunjungi pasar ikan Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang.

Nomor 4 Bangun Pabrik Ikan Kemasan

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Selama blusukan ke daeah pedesaan, pasar  dan lainnya, calon wakil (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) tidak jarang mendengar keluhan-keluhan. Salah satunya kelurahan di sektor perikanan di Desa Rawa Makmur. Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini meminta perhatian pemimpin daerah terkait dengan kehidupan usahanya.

“Bila perlu, kalau sektor perikanan di sini tangkapannya bagus, tidak ada salahnya kita bangunkan pabrik pengolahan ikan dalam kemasan (ikan kaleng, red). “Insya Allah, bila kami berdua terpilih, akan memberikan perhatian dengan bantuan modal usaha buat warga desa,” sebut pasangan calon (paslon) gubernur Kaltim Rusmadi, nomor urut 4 itu.

Solusi yang ditawarkan warga untuk terciptanya lapangan pekerjaan adalah pemberdayaan masyarakat dengan membuka usaha peternakan dan keramba ikan dari terpal. Menurut warga, usaha inilah yang baik dikembangkan di Desa Rawa Makmur, karena tidak perlu modal besar.

Kepada warga, Irjen Pol (Purn) Safaruddin mengatakan, salah satu program kerja Rusmadi Safaruddin adalah meningkatkan UKM di daerah pinggiran, termasuk Desa Rawa Makmur ini.

Diakui kondisi ekonomi masyarakat saat ini memang kurang menguntungkan, dimana masyarakat kelas bawah lebih banyak kesulitan ekonominya dibandingkan masyarakat kelas menengah. “Di sinilah peran dan tugas paslon Rusmadi-Safaruddin untuk menaikkan ekonomi masyarakat kelas bawah menjadi kelas menengah,” tandasnya.

Caranya gimana? Kita akan buat di desa ini lembaga pendidikan dan pelatihan dengan memperdayakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Misalnya, dari pertanian, perikanan dan perkebunan serta UKM.

Nah, mereka inilah yang akan memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pertanian, perkebunan dan perikanan serta bagaimana manajemen UKM itu bisa maju dan berkembang hingga masuk ke pangsa pasar yang lebih luas. #4trs

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.