Home » GerbangNews » Panwaslu Temukan 1.036 Pelanggaran Algaka

Panwaslu Temukan 1.036 Pelanggaran Algaka

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Balikpapan menemukan belasan pelanggaran dari 157 pelaksanaan kampanye yang mendapatkan pengawasan. Sementara untuk pelanggaran alat peraga kampanye (algaka) mencapai 1036 pelanggaran. Meski cukup tinggi, pelanggaran algaka cukup ringan, yakni hanya berupa teguran.

Panwaslu memaparkan, sejak pelaksanaan masa kampanye masih menemukan adanya beberapa pelanggaran. Panwaslu mencatat, selama masa kampanye mendapati 14 pelanggaran dari sebanyak 157 jumlah pengawasan kampanye.

Sementara untuk pelanggaran algaka terhitung 1036 pelanggaran. Panwaslu sendiri mengakui untuk pelanggaran algaka sulit dicegah, lantaran sanksinya hanya berupa teguran saja.

Panwaslu bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan instansi terkait telah melakukan penertiban terhadap seluruh algaka yang ada. Pasalnya, sudah memasuki masa tenang hingga hari pencoblosan yakni Rabu, 27 Juni 2018.

Khususnya di Balikpapan, baliho/algaka berukuran besar di sisi-sisi jalan sebagian besar sudah tidak tampak lagi, kecuali di gang-gang atau jalan masuk perumahan masih ada terlihat algaka cagub-cawagub berukuran kecil.

“Kita mau melepas gambar itu, nanti malah jadi masalah. Dikira kita simpatisan atau relawan salah satu calon. Jadi, biarkan sajalah. Sebaiknya tim cagub-cawagub atau orang yang memasang itu yang melepas. Itu ‘kan tanggung jawab dia yang memasang,” ujar warga lain. (hm/sh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.